6 Adab atau Tata Cara Minum Air Zamzam

Octri Amelia Suryani - Air Zamzam Haji 08/07/2022
Jemaah mengonsumsi Air zamzam (Foto: MI/Ramdani)
Jemaah mengonsumsi Air zamzam (Foto: MI/Ramdani)

Oase.id - Air zamzam sangat dimuliakan umat Islam. Air ini menjadi sangat istimewa karena beberapa kali disebutkan dalam Kitab Suci Al-Quran. Keberadaan sumur ini dahulu merupakan sebuah keajaiban, sebab berada di tengah gurun pasir yang kering dan tandus.

Mata air zamzam pertama kali ditemukan oleh istri Nabi Ibrahim, yakni Siti Hajar, setelah ia berlari kecil di antara bukit Shafa dan Marwah. Hajar merasa kebingungan di saat putra kesayangannya bernama Ismail kehausan di tengah padang pasir. Atas petunjuk Malaikat Jibril, Hajar menghentakkan kakinya beberapa kali. Kemudian bumi pun menyemburkan air dengan kandungan dan riwayat yang unik tersebut.

Keistimewaan air zamzam yang biasanya jadi oleh-oleh para jemaah haji, bukan hanya dari aspek sejarah saja, akan tetapi juga mengandung khasiat bagi kesehatan lahir maupun batin. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ sangat senang meminum air zamzam. Bahkan, tangannya yang penuh berkah pernah dicelupkan ke sumur zamzam.

Air zamzam juga dapat menyembuhkan penyakit. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Air yang paling baik di permukaan bumi adalah air zamzam. Ia mengandung makanan yang bergizi dan menyembuhkan penyakit.”

Rasulullah ﷺ juga bersabda, “Air zamzam sesuai dengan tujuan orang yang meminumnya.” Jadi, jika seseorang meminumnya dengan tujuan untuk mengobati penyakit yang dideritanya, maka Allah akan menyembuhkan dengan keagungan-Nya.

Karena memiliki keistimewaan atau kandungan dan manfaat, umat muslim dianjurkan untuk mengetahui adab atau tata cara minum air zamzam.

Tata Cara Minum Air Zamzam

1. Membaca Basmalah
Hal ini memang merupakan anjuran dalam agama Islam bahwa setiap melakukan sesuatu diawali dengan mengucapkan basmalah. Begitu juga ketika hendak minum air zamzam, dianjurkan untuk membaca basmalah terlebih dahulu.

2. Gunakan Tangan Kanan
Hal ini sesuai ajaran Rasulullah ﷺ, maka menggunakan tangan kanan ketika hendak makan dan minum.

3. Jangan Minum Sekali Teguk
Saat minum tidak dianjurkan untuk meminum air zamzam dalam sekali teguk dan langsung habis. Meminum air zamzam dilakukan dengan tanaffus (bernafas) sebanyak tiga kali di luar wadah air minum dengan menjauhkan wadah tersebut dari mulut terlebih dahulu.

4. Minum Hingga Terasa Kenyang
Sebagaimana sabda Rasululah ﷺ bahwa, “Sesungguhnya tanda yang membedakan antara kita dan orang orang munafik adalah mereka tidak pernah meminum air zamzam hingga kenyang.” (H.R Ibnu Majah)

5. Minum dengan Posisi Duduk
Dalam Islam, minum sambil berdiri adalah perbuatan yang dilarang. Rasulullah ﷺ bersabda bahwa, “Janganlah kalian minum sambil berdiri, barang siapa yang lupa ketika minum hendak berdiri maka hendaklah ia berusaha memuntahkannya.”

6. Membaca Doa Saat Minum
Saat memimun air zamzam hendaknya sambil banyak baca doa agar merasakan khasiatnya. Dibarengi dengan banyak membaca doa.

Doa Minum Air Zamzam

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.”


(ACF)