Museum Nabi Dikunjungi 3 Juta Pengunjung di Rabat

N Zaid - Nabi Muhammad Saw 27/08/2023
Cabang Pameran Internasional dan Museum Biografi Nabi dan Peradaban Islam di Rabat menyambut 3 juta pengunjung dalam waktu singkat. Foto: Arabnews
Cabang Pameran Internasional dan Museum Biografi Nabi dan Peradaban Islam di Rabat menyambut 3 juta pengunjung dalam waktu singkat. Foto: Arabnews

Oase.id - Pameran Internasional dan Museum Biografi Nabi dan Peradaban Islam, yang berbasis di Madinah, baru-baru ini merayakan pencapaian yang luar biasa: Cabangnya, yang terletak di kantor pusat Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Islam di Rabat, Maroko, menyambut 3 juta pengunjung dalam rekor jumlah pengunjung.

Perayaan tersebut dihadiri oleh Dr. Mohammed bin Abdulkarim Al-Issa, sekretaris jenderal Liga Dunia Muslim dan ketua Asosiasi Cendekiawan Muslim; Dr. Ahmad Al-Abadi, Sekretaris Jenderal Ikatan Cendekiawan Muhammadiyah (Organisasi Islam di Maroko, bukan Muhammadiyah Indonesia); Salem Al-Malek, direktur jenderal ISESCO; serta sejumlah cendekiawan, diplomat, peneliti, dan pimpinan universitas Islam.

Acara ini menandai tonggak penting, kata Al-Issa, dalam menyebarkan pengetahuan tentang kehidupan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan menampilkan nilai-nilai inti Islam melalui penggunaan teknologi mutakhir, termasuk realitas virtual dan pencitraan 3D.

Al-Issa menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diterima museum di cabang Rabat dari ISESCO dan Ikatan Cendekiawan Muhammadiyah.

Sementara itu, Al-Abadi mengatakan Ikatan Ulama Muhammadiyah sangat bangga dengan kemitraan yang berpusat pada kehidupan Nabi shallallahu alaihi wa sallam ini. Beliau menekankan pentingnya penggunaan teknologi modern untuk menyajikan kehidupan Nabi shallallahu alaihi wa sallam dengan cara yang dapat diakses oleh semua orang.

Al-Malek juga menyampaikan apresiasinya atas upaya MWL dalam memajukan karya Islam yang luar biasa ini dan atas kesempatan yang diberikan kepada kantor pusat ISESCO untuk menjadi tuan rumah cabang keliling pertama museum ini.

Pameran Internasional dan Museum Biografi Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan Peradaban Islam dibuka di Madinah di sebelah Masjid Nabawi pada tahun 2021. Pameran ini didedikasikan untuk sejarah dunia Islam dan kehidupan Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Di bawah pengawasan MWL, ini adalah yang pertama dari serangkaian museum Islam yang berkeliling dunia di bawah payung organisasi tersebut. MWL telah memastikan bahwa museum keliling dilengkapi dengan teknologi yang sama seperti museum asli di Madinah, termasuk VR dan pencitraan 3D untuk merekonstruksi banyak barang pribadi Nabi.

Baru-baru ini, museum di Madinah telah diperluas dengan penambahan beberapa bagian baru yang menampilkan publikasi, film, dan tampilan interaktif. Bagian baru ini memberikan pengunjung pemahaman komprehensif tentang kehidupan dan pencapaian Nabi Muhammad yang luar biasa.

Museum ini memiliki bagian khusus yang didedikasikan untuk menampilkan rincian kamar pribadi Nabi dan rumah para sahabatnya. Ini menyoroti bagian baru dari masjid dan mimbarnya. Ada juga ensiklopedia tujuh jilid yang memberikan pengunjung pengetahuan mendalam tentang kehidupan dan ajaran Nabi.


(ACF)