Ingat dan Terapkan, Berikut 5 Adab Ketika Sedang di Masjid

Phooby Kamaratih - Hukum Islam Masjid Doa Masuk Masjid 17/11/2021
Foto: MI/Andri Widiyanto
Foto: MI/Andri Widiyanto

Oase.id - Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam dan rumah Allah yang ada di muka bumi. Maka dari itu, kita harus senantiasa menjaga apapun, baik kebersihan, sikap, dan juga perilaku jika berada di dalam masjid. Agar kita selalu mendapatkan rida dan keberkahan dari Allah Swt.

Melansir dari berbagai sumber, berikut Oase.id membahas apa saja adab-adab yang harus diperhatikan ketika ada di masjid, agar kita selalu mendapatkan rida dan keberkahan dari Allah Swt:

1. Mendahulukan kaki kanan

Saat memasuki masjid diwajibkan untuk mendahulukan kaki kanan, sebagaimana yang diriwayatkan Anas -radliyallahu'anhu,

من السنة إذا دخلت المسجد أن تبدأ برجلك اليمنى، وإذا خرجت أن تبدأ برجلك اليسرى

“Termasuk ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika kamu masuk masjid, Anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar Anda mendahulukan kaki kiri.” (Riwayat Al-Hakim dan disetujui oleh Adz-Dzahabi)

2. Membaca doa masuk masjid

Doa masuk masjid:

بِسْمِ اللَّهِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ الله اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ، أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ، وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ، وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Bismillah was shalatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahli abwaaba rahmatik.”

Artinya : “Bismillah, shalawat dan salam untuk Rasulullah. Ya Allah, bukakanlah pintu rahmatmu untukku. Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, dengan wajah-Nya yang Mulia, dengan kekuasaanNya yang langgeng, dari godaan setan yang terkutuk.”

3. Salat tahiyatul masjid

Sangat dianjurkan ketika memasuki masjid untuk menyempatkan diri untuk mengerjakan salat tahiyatul masjid. Sebagaimana hadits Abu Qatadah yang Muttafaqun ‘alaihi, Rasulullah ﷺ bersabda :

فَإِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ، فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يَرْكَعَ رَكْعَتَيْنِ

“Apabila kalian masuk masjid, jangan duduk, sampai shalat dua rakaat.”

4. Memanfaatkan waktu sesudah azan

Berdoa di antara waktu azan dan iqamah, niscaya doa-doanya akan dikabulkan oleh Allah Swt. Hadis Anas -radliyallahu'anhu,  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ اْلأَذَانِ وَاْلإِقَامَةِ، فَادْعُوْا

“Sesungguhnya doa (yang dipanjatkan) di antara adzan dan iqamah tidak akan pernah ditolak, karena itu berdoalah”.

5. Menjaga kebersihan masjid

Kebersihan merupakan poin utama yang harus dijaga saat kita berada di dalam masjid. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu anha,

أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِبِنَاءِ المَسَاجِدِ فِي الدُّورِ، وَأَنْ تُنَظَّفَ، وَتُطَيَّبَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan membangun masjid di perkampungan, juga menjaga kebersihan dan memberikannya wewangian”. (HR. At-Tirmidzi)


(ACF)