Kelola Waktu, Jemaah Haji Diminta Kenakan Kain Ihram Sejak di Embarkasi

N Zaid - Haji 2023 06/06/2023
Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Oase.id - Proses perjalanan jemaah haji dari Tanah Air ke Makkah sangat padat. Sebab itu, jemaah haji diminta untuk mengelola waktu dengan sebaik-baiknya.

Kementerian Agama pun meminta para jemaah pada gelombang kedua untuk mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air. 

“Jemaah Haji diminta untuk mengenakan kain ihram semenjak dari embarkasi keberangkatan di tanah air, mengingat tidak tersedianya waktu yang cukup dan menghindari penumpukan jemaah saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” terang Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Arsad Hidayat di Jakarta, dikutip dari laman Kemenag, Selasa (6/6/2023).

Pemberangkatan gelombang kedua akan mulai pada 7 – 22 Juni 2023. Jemaah haji akan terbang dari Embarkasi di Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Selanjutnya, mereka akan diberangkatkan ke Makkah Al-Mukarramah untuk menjalani Umrah Haji atau Umrah Wajib.

“Untuk pelaksanaan niat umrah, dapat dilakukan saat di pesawat ketika melewati wilayah Yalamlam atau ketika berada di Bandara King Abdul Aziz Jeddah menjelang keberangkatan ke Makkah,” sambungnya.

Kepada seluruh petugas, baik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi di seluruh Indonesia maupun PPIH Arab Saudi, Arsad meminta untuk memberikan prioritas pelayanan kepada jemaah haji lansia pada saat keberangkatan, di perjalanan, maupun saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

“Tahun ini kita mengusung semangat Haji Ramah Lansia. Semua petugas diminta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia, termasuk mereka yang masuk kategori lanjut usia,” tandasnya.


(ACF)
TAGs: Haji 2023