Dipercaya Mendatangkan Rezeki, Ini Bacaan Ayat Seribu Dinar Beserta Keutamaannya

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Ayat Seribu Dinar 09/01/2023
Doa (Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)
Doa (Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)

Oase.id - Ayat seribu dinar mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan umat muslim. Terlebih lagi ayat seribu dinar dipercaya untuk mendatangkan rezeki berlimpah.

Ayat seribu dinar ini terdapat dalam penggalan QS. At Talaq ayat 2-3. Berikut bunyi ayatnya beserta latin dan terjemahannya.

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

Latin: Fa iza balagna ajalahunna fa amsikuhunna bima'rufin au fariq hunna bima'rufiw wa asy-hidu zawai'adlim minkum wa aqimusy-syahadata lillah, zalikum yu'azu bihi mang kana yu'minu billahi wal-yaumil-akhir, wa may yattaqillaha yaj'al lahu makhraja.

Artinya: Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rukuklah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Latin: Wa yarzuqu min haisu la yahtasib, wa man yatawakkal alallah fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja'alallahu likulli syai in qadra.

Artinya: Dan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Dua ayat di atas mengandung dua permohonan sekaligus. Yang pertama memohon kemudahan urusan. Kedua, memohon rezeki yang berlimpah. Rezeki yang datang dari berbagai arah yang tak terduga. Namun, semua kemudahan ini adalah ganjaran bagi mereka yang bertakwa.

Untuk itu, ada 5 keutamaan yang terkandung dalam ayat seribu dinar, di antaranya:

1. Mengingatkan untuk selalu takwa pada Allah SWT.

2. Menyerahkan segala urusan pada Allah SWT demi kelapangan hati dan rezeki.

3. Menjadikan sabar dan salat sebagai penolong dan kunci rezeki

4. Selalu berharap baik pada Allah SWT dengan menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

5. Ayat seribu dinar mengingatkan tentang rajin beribadah agar dibantu untuk selalu mengambil keputusan yang tepat.

Demikian bacaan ayat seribu dinar yang sangat baik untuk diamalkan sehari-hari. Sekaligus keutamaan yang akan didapat bagi yang mengamalkannya dan bertakwa kepada Allah SWT.


(ACF)