Kafe Manila Warisan Palestina di Tengah Kehancuran Gaza

N Zaid - Kuliner 01/03/2024
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Mahmoud dan Nadia Habib membuka kafe mereka pada awal tahun 2023 untuk membawa sepotong Palestina ke Filipina. Mereka tidak menyangka bahwa tempat itu akan segera berubah menjadi pusat warisan Gaza dan pusat solidaritas di Manila.

Terletak di Jalan Mabini, Cafe Habib terang, hangat dan informal dengan meja putih, sofa abu-abu, dan dinding oker yang menampilkan peta, foto, dan simbol warisan Palestina.

Sejak awal, sang suami – yang merupakan penduduk asli Gaza – dan istrinya yang keturunan Filipina-Irak menginginkan suasana restoran mereka membuat orang Filipina merasa seolah-olah baru saja memasuki suatu tempat di Palestina.

“Kami datang dengan konsep untuk menciptakan tempat khusus dimana ketika pelanggan datang, mereka tidak akan mengira berada di Filipina lagi. Kami ingin menyoroti budaya Arab,” kata Mahmoud kepada Arab News.

Bagi Nadia, ini juga merupakan upaya untuk “membawa sepotong Palestina ke Filipina” untuk berbagi kekayaan warisan, tradisi, dan cita rasa.

“Kafe bertema Palestina menjadi platform kami untuk memperkenalkan masyarakat Filipina akan keindahan dan kedalaman budaya Palestina. Kami percaya bahwa dengan membenamkan mereka dalam pengalaman yang unik dan otentik, kita dapat menumbuhkan pemahaman dan apresiasi,” ujarnya.

Menu mereka menyajikan hidangan otentik seperti falafel, shawarma, dan knafeh Palestina yang ikonik — adonan filo renyah dengan keju yang direndam dalam sirup dan di atasnya diberi pistachio — semuanya berdasarkan resep yang telah ada dalam keluarga Habib selama beberapa generasi.

“Semua resep ini berasal dari ibu saya,” kata Mahmoud seraya menambahkan bahwa Nadia juga belajar membuatnya selama perjalanan ke rumahnya di Gaza.

Terakhir kali mereka berkunjung adalah pada bulan September, hanya dua minggu sebelum Israel melancarkan serangan mematikan terbarunya yang telah menewaskan sedikitnya 30.000 orang, melukai puluhan ribu lainnya, dan membuat sekitar 1,5 juta orang mengungsi.

Mereka melihat kehancuran dan bersembunyi dari pemboman setiap hari, dan baru berhasil kembali ke Manila ketika pihak berwenang Filipina mengevakuasi beberapa warga Filipina-Palestina dari daerah kantong yang terkepung pada bulan November.

Nadia lahir dan besar di Filipina, sedangkan Mahmoud telah tinggal di negara tersebut sejak tahun 2013, ketika ia tiba untuk belajar arsitektur di Universitas Nasional.

Sekembalinya ke Manila, mereka berusaha untuk bertemu kembali dengan keluarga Mahmoud, namun hingga kini, tidak berhasil.

“Saya mencoba membawanya, tetapi sangat sulit,” katanya.

Kafe mereka, yang mengingatkan akan Palestina, membuat pasangan ini tetap kuat dan memberi mereka ruang untuk menyebarkan kesadaran di kalangan masyarakat Filipina tentang apa yang terjadi di Gaza.

“Berbicara tentang Palestina adalah aspek penting dari misi kami, karena itulah inti alasan kami mendirikan kafe ini. Jika pelanggan memulai percakapan tentang … Palestina, kami dengan sepenuh hati terlibat dalam diskusi tersebut,” kata Nadia.

Mereka juga membantu memfasilitasi upaya aktivis perdamaian Filipina yang mengorganisir pawai solidaritas Gaza pada bulan November.

“Mereka memberi saya lebih banyak kekuatan. Ini menunjukkan bahwa suara kami disampaikan kepada dunia, dan setiap orang mempunyai hati yang besar,” kata Mahmoud.

“Saya bangga dengan (kafe ini). Saya sangat senang karena saya bisa menunjukkan kepada orang-orang apa itu Palestina, siapa rakyat Palestina.”(arabnews)


(ACF)
TAGs: Kuliner