Yuk Baca, Ini Surah-surah yang Ditakuti oleh Setan

Octri Amelia Suryani - Al-Quran Surah Al Quran Setan 04/09/2021
Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay
Gambar oleh Afshad Subair dari Pixabay

Oase.id- Sebagai umat muslim, sudah sewajarnya dan bahkan menjadi kewajiban bagi kita untuk bisa membaca Al-Quran dan memahami isinya. Selain menjadi tuntunan hidup, membaca surah-surah dalam Al-Quran juga bisa menghindarkan kita dari godaan setan. 

Merangkum dari berbagai sumber, berikut surah-surah dalam Al-Quran yang ditakuti oleh setan:

1. Al Fatihah
Surah Al-Fatihah adalah surah pertama dalam Al-Quran. Surah ini tergolong surah Makiyah karena diturunkan di Makkah. Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan secara lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Al-Quran. Surah ini juga sering dibacakan sebagai pembuka segala hal kebaikan.

Selain itu, surah ini juga selalu dibacakan dalam salat. Karena itulah jin dan setan membenci surat Al-Fatihah. Sebagaimana yang dapat dilihat dalam surah Al-Fatihah ayat terakhir yang memiliki arti:

"Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

2. Al Baqarah
Berdasarkan sabda Rasulullah ﷺ pada hadis riwayat Muslim, yang berbunyi:

لا تجعلوا بيوتكم قبوراً، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Artinya: “Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al-Baqarah.” (HR Muslim)

Hadis di atas menjelaskan bahwa setan sangat takut jika dibacakan surah Al-Baqarah. Maka sebagai umat muslim hendaklah senantiasa membuat rumah selalu bercahaya dengan lantunan ayat suci Al-Quran. Karena dengan itu setan tidak akan mendekat atau masuk dan bertempat tinggal di rumah kita.

3. Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas
Tiga surat ini merupakan surat pendek dalam Al-Quran yang sangat mudah dalam menghafalnya. Sehingga tak sedikit yang dapat membacakannya di luar kepala. Ketiga surah ini sering disebut dengan Surat Muawwidzatain. Surah Al-Mu’awwidzat memiliki kedudukan yang tinggi di antara surah-surah lainnya.

Sabda Rasulullah ﷺ dalam hadis rmawat ath-Tirmidzi yang memiliki arti:

“Katakanlah ‘qulhuwallahu ahad (Al-Ikhlas) dan al-mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas) ketika engkau berada di sore dan pagi hari sebanyak tiga kali. Maka itu cukup melindungimu dari segala hal.”

Selain itu, surah-surah ini dapat melindungi manusia dari kejahatan manusia dan jin. Karena surat ini dipercayai dapat menjadi penangkal sihir dan santet.

4. Ayat Kursi
Terakhir ayat kursi, yang merupakan bagian dari surah Al-Baqarah. Yang mana surah Al-Baqarah merupakan salah satu surah yang ditakuti oleh setan. Setan tak hanya takut, melainkan jika mendengar ayat ini setan dan jin akan terbakar. Oleh sebab itu, ayat kursi dianjurkan untuk dibaca setiap selesai salat.


(ACF)