10 Fakta Tentang Dajjal, Fitnah Terbesar di Akhir Zaman

N Zaid - Dajjal 06/08/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Dajjal adalah fitnah besar yang akan datang di akhir zaman. Ini seperti yang disebutkan Nabi Muhammad shallalahu alaihi wasallam dalam haditsnya:

"Tidak ada satu pun mahluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR Muslim).

Ada banyak fakta tentang Dajjal dalam studi Islam seperti 70.000 orang Yahudi akan menjadi pengikutnya dan dia akan dibutakan sebelah matanya. Dia tidak akan bisa memasuki Madinah, Arab Saudi.

Setiap Nabi yang datang dalam sejarah Islam memperingatkan umat tentang Mesias palsu (Dajjal).

Muslim, Yahudi, dan Kristen percaya bahwa Dajjal akan datang suatu hari nanti. Apa saja fakta seputar kehadiran Dajjal, sesuai petunjuk AlQuran dan Sunnah

1. Dajjal akan buta sebelah matanya
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam menyebut Dajjal dengan sebutan Al-Awar yang berarti buta sebelah. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda bahwa mata kanan Dajjal akan mengapung seperti buah anggur dan mata kirinya akan cacat juga.

Ibnu Umar melaporkan bahwa Rasulullah (ﷺ). menyebutkan Dajjal di hadapan orang-orang dan berkata:

Allah tidak bermata satu dan lihatlah bahwa mata kanan Dajjal buta dan matanya seperti buah anggur yang mengambang.

2. Rambut Dajjal
Seperti yang dikutip dalam Sahih Bukhari 3439, 3440 serta dalam Ibnu Majah 4071 bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam meriwayatkan fakta tentang penampilan Dajjal bahwa dia akan memiliki rambut yang sangat keriting serta dia akan memiliki banyak rambut.

3. Kafir akan tertulis di dahi Dajjal
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda bahwa kata Kaafir akan tertulis di antara alis dan dahinya dan orang yang beriman kepada Allah dapat dengan mudah menemukannya. (Dikutip dari Sahih Muslim 2933b).

Dan di dalam Sahih Muslim 2934b disebutkan bahwa orang yang tidak berpendidikan sekalipun dapat melihat dan membacanya.

4. Dajjal tidak akan bisa masuk ke Madinah dan Makkah
Disebutkan dalam Shah Muslim 2943a, bahwa Dajjal tidak bisa masuk ke Makkah dan Madinah. Seperti halnya hadits-hadits lain yang juga menyatakan fakta ini;

Dijelaskan dalam hadits Fathimah binti Qais Radhiyallahu anha, bahwa Dajjal mengatakan, “Lalu aku bisa keluar. Aku akan berjalan di muka bumi, maka tidak akan aku tinggalkan satu kampung pun kecuali aku singgah kepadanya dalam waktu empat puluh malam, selain Makkah dan Thaibah (Madinah al-Munawarah), keduanya diharamkan untukku, setiap kali aku hendak masuk ke salah satu darinya, maka Malaikat akan menghadangku dengan pedang yang terhunus yang menghalangiku untuk memasukinya, dan di setiap lorong darinya ada Malaikat yang menjaganya

5. Dia akan memiliki kekuatan yang cukup untuk membuat yang mati menjadi hidup!
Sesuai Sahih Bukhari 1882, Dajjal akan memiliki kekuatan yang cukup untuk membunuh seseorang dan membuatnya hidup kembali.

6. Fitnah terbesar dalam sejarah
Dilaporkan dalam Sahih Muslim 809 bahwa siapa pun yang mengetahui sepuluh ayat pertama Surat Al Kahfi akan dilindungi dari Dajjal.

7. 70.000 orang Yahudi akan mengikuti Dajjal
Disebutkan dalam Sahih Muslim 2944 bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Dajjal akan diikuti oleh 70.000 orang Yahudi.”

8. Air dan Api

Disebutkan dalam Sahih Bukhari 7130, bahwa Dajjal akan datang dengan membawa api dan air. Apa yang tampak seperti air, akan menjadi api, dan api akan menjadi air dingin.

Diriwayatkan bahwa Hudzaifah berkata:
Rasulullah berkata: 'Aku tahu apa yang Dajjal akan miliki dengannya. Dia akan memiliki dua sungai yang mengalir, yang satu tampak oleh mata sebagai air jernih, dan satu lagi tampak oleh mata sebagai api yang menyala-nyala. Jika ada yang melihat itu, biarkan dia pergi ke sungai yang dia anggap api dan tutup matanya, lalu tundukkan kepalanya dan minum darinya, karena itu adalah air yang sejuk. Dajjal memiliki satu mata buta, dengan lapisan kulit tebal di atasnya, dan di antara kedua matanya tertulis "kafir", yang akan dibaca oleh setiap orang beriman, apakah dia bisa membaca atau tidak.'

9. Jumlah Orang Arab Sedikit
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda bahwa akan ada beberapa orang Arab hari itu, karena mereka akan melarikan diri dari Dajjal mencari perlindungan. (Dikutip dari Sahih Muslim 2945a)

10. Isa (AS) akan membunuh Dajjal
Nabi Isa (AS) akan membunuh Dajjal di Bab e Ludd di Israel. (Dikutip dari Jami Tirmidzi 2244).(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs: Dajjal