Masjid Biru di Istanbul Dibuka Kembali untuk Salat Setelah Restorasi 6 tahun

N Zaid - Turki 08/04/2023
Blue Mosque. Foto IHA
Blue Mosque. Foto IHA

Oase.id - Salah satu bangunan ikonik Istanbul, yang dikenal luas oleh wisatawan lokal dan mancanegara, Masjid Biru, yang secara lokal dikenal sebagai Masjid Sultan Ahmed, dijadwalkan akan dibuka kembali untuk ibadah pada kesempatan Ramadhan Bayram, juga dikenal sebagai Idul Fitri. Pembukaan itu dilakukan setelah restorasi paling komprehensif dalam 400 tahun sejarahnya, selama enam tahun.

Persiapan masjid yang akan dibuka kembali pada 21 April untuk salat Ramazan Bayram dipercepat. Baru-baru ini, masjid, yang merupakan masjid arsitektur Ottoman enam menara pertama dan satu-satunya, difoto oleh drone, mengungkap keadaan bangunan saat ini sebelum dibuka kembali secara megah.

Masjid yang berkontribusi pada siluet Istanbul ini dibangun oleh arsitek Sedefkar Mehmet Agha atas perintah Ottoman Sultan Ahmed pada abad ke-17 dan dibuka untuk beribadah pada tahun 1617. Dibangun di seberang Hagia Sophia, yang berfungsi sebagai gereja di waktu itu.

Sebagai salah satu masjid paling terkenal di dunia, pembukaannya kembali sangat penting bagi umat beriman, terutama untuk shalat Ramazan Bayram. Di sisi lain, tanggal pembukaan kembali diumumkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Mehmet Nuri Ersoy di akun media sosialnya. 

Ini adalah salah satu masjid paling signifikan di dunia Muslim dan merupakan tempat ibadah yang aktif. Itu dibangun pada saat Kekaisaran Ottoman berada di puncaknya, dan masjid berfungsi sebagai simbol kekuatan dan pengaruh Kekaisaran Ottoman.

Menjelang pembukaan kembali, perancah di menara masjid telah dilepas seluruhnya. Sementara pemugaran berlanjut di halaman dalam dan luar masjid, perancah dan terpal masih terlihat di fasad selatan. Finial raksasa – benda logam berornamen – di kubah utama, setinggi 43 meter (141 kaki), memukau penonton, dengan warna emasnya.

Dikenal sebagai 'Masjid Biru'
Bagian dalam masjid dihiasi dengan ribuan ubin Iznik biru dan putih, yang dibuat di kota terdekat Iznik. Ubin biru disusun dalam pola dan desain yang rumit, memberikan interior masjid warna biru yang mencolok. Masjid ini juga memiliki jendela kaca berwarna biru, yang berkontribusi pada penampilan birunya. 

Ubin dan jendela biru dipilih tidak hanya karena keindahannya tetapi juga karena makna spiritualnya. Biru dianggap sebagai warna suci dalam budaya Islam, melambangkan langit dan surga, dan diyakini bahwa penggunaan warna biru dalam desain masjid akan membantu menciptakan suasana spiritual dan tenteram bagi para jamaah.

Karena banyaknya penggunaan warna biru, masjid ini juga dikenal sebagai "Masjid Biru" di seluruh dunia. Dekorasi kubah di dalam masjid terus menjadi contoh terbaik budaya Ottoman hingga saat ini.

Masjid Sultan Ahmed adalah mahakarya yang dibangun dalam lingkup pedoman arsitektur arsitek Ottoman terkenal Mimar Sinan. Sebelum Mimar Sinan meninggal pada tahun 1588, dia telah menyumbangkan semua risalah arsitektur Ottoman klasik dan arsitek terlatih yang akan melanjutkan warisan arsitekturnya sendiri.(dailysabah)


(ACF)
TAGs: Turki