5 Bacaan Selawat untuk Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram

Octri Amelia Suryani - Selawat Tahun Baru Islam Bulan Muharram 17/07/2022
Ilustrasi  (Foto: İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)
Ilustrasi (Foto: İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)

Oase.id - Umat Islam dianjurkan untuk banyak membaca selawat kepada Rasulullah ﷺ agar kelak mendapat syafaat di hari kiamat. Terlebih dalam menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram.

Dianjurkan membaca selawat untuk menyambut tahun baru Islam yang berdasarkan kalender nasional jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. Selawat merupakan amalan yang sangat baik. Apabila kita mengamalkannya, maka akan mendapat banyak pahala.

Selain itu, pembaca selawat menunjukkan kecintaannya kepada Allah sekaligus rasa rindu terhadap Nabi Muhammad ﷺ.

Berikut ini 5 bacaan selawat nabi untuk menyambut tahun baru Islam atau 1 Muharram. 

1. Selawat Alin'am 

Allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa’alaa aaali sayyidinaa Muhammadin wa’alaa ahlihi baitihi.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya."

Apabila selawat Alin’am ini dibaca dengan tulus, maka dapat mengantarkan kita menikmati kebahagiaan dunia akhirat. Karena itulah, dianjurkan untuk dilafalkan dalam rangka menyambut tahun baru Islam.

2. Selawat Ma'tsuroh

Allhuma Sholli'alaa Muhammadin Nabiyyil Umiyyi Wa 'Alaa Alaihi Wasalim

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

3. Selawat Fatih

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammaddinil Fatihi Lima Ughliqo Wal Khotimi Lima Sabaqo, Nashiril Haqqi Bil Haqqi Wal Hadi Ila Shirotikal Mustaqim Wa Ala Alihi Haqqo Qodrihi Wa Miq Darihil Adzim

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung."

4. Selawat Quthbul Al-qhotob

Bismillah hirahman nirrohim, Allahuma sholli 'ala sayyidina muhammad fil awwaliin, washolli 'ala sayyida muhammad fil akhirin, washolli 'ala sayyidina muhammad finnabiyiin, washolli 'ala sayyida muhammad fil mursaliin , washolli 'ala sayyida muhammad filmala'il 'a'la ila yauwmiddin.

Artinya: “Ya Allah, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di waktu permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, di waktu penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan serta berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan hingga hari kiamat.”

5. Selawat Ummy

Selawat Ummy dipercaya sebagai lafal selawat yang dapat membuat Rasulullah ﷺ tersenyum. Berikut lafal selawat Ummy: 

Allahuma Shlli 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa'alaa Aali Sayyidna Muhammadin Kamaa Shallaita 'Alaa Sayyidina Ibrahima Wa'alaa Aali Sayyidnaa Ibrahim Wabarik 'alaa Sayyidina Muhammadin Kamaa Barakta 'alaa Sayyidinaa Ibrahim Wa'alaa aaali Sayyidina Ibraahim, Fil 'alaamina Innaka Hamidun Majiid.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkarti Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

Demikian 5 bacaan selawat tahun baru Islam. Semoga bermanfaat dan kita semua mendapat syafaat. Amin YRA.


(ACF)