Mumbai College Melonggarkan Larangan Burqa Setelah Protes Mahasiswa

N Zaid - Hijab 05/08/2023
Foto: theislamicinformation
Foto: theislamicinformation

Oase.id - Ada tuduhan bahwa siswa yang mengenakan burqa tidak diizinkan masuk ke dalam sebuah perguruan tinggi di Mumbai. Ada banyak ketegangan seputar tuduhan ini. Akibatnya, para mahasiswa dan orang tuanya melakukan protes di depan kampus.

Menurut media India, insiden tersebut terjadi di NG Acharya dan DK Marathi College di Chembur. Sementara itu, video mahasiswa yang berdemonstrasi menjadi viral di media sosial.

Mereka mengeluh karena alasan agama mereka sudah lama kuliah setelah mengenakan burqa. Tetapi pada hari ini mereka diblokir di luar gerbang kampus.

1 Agustus lalu, larangan mengenakan burqa dikeluarkan di kampus itu. Diberitahukan bahwa setelah memasuki kampus dengan burqa dan hijab, mereka harus melepasnya di kamar kecil dan mengenakan pakaian sekolah. Menurut pihak kampus, kebijakan seragam akan diberlakukan secara ketat mulai 8 Agustus. Semua mahasiswa harus berseragam sekolah di kampus termasuk ruang kelas.

Para siswa yang mengenakan burqa mengeluh bahwa mereka dihentikan di pintu gerbang pada hari Kamis. Mereka tidak diperbolehkan masuk kampus.

Perlu dicatat bahwa perguruan tinggi telah memperkenalkan seragam untuk siswa kelas XI dan XII mulai 15 Juni. Oleh karena itu, perempuan harus mengenakan kurta, salwar kameez, dan cadar.

Dan mengenakan kemeja dan celana panjang. Karena gadis-gadis dari komunitas Muslim mengenakan burqa dan jilbab di atas seragam mereka, perguruan tinggi dilarang di luar gerbang mereka. Gadis-gadis itu meminta untuk diizinkan mengganti kerudung mereka di kamar mandi kampus dan mengenakan pakaian sekolah.

Akhirnya, mahasiswa diizinkan masuk kampus mengenakan burqa dan jilbab setelah protes dan campur tangan polisi dan pemimpin politik. Tetapi diminta pergi ke kamar kecil untuk berganti pakaian. Mereka bisa memakai jilbab selama kelas berlangsung. Setelah kelas selesai, mereka bisa memakai cadar lagi dan keluar.

Kepala sekolah mengatakan, "Siswa harus berseragam di kampus termasuk ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, kantin, dan gimnasium. Mahasiswa senior tidak memiliki seragam dan tidak dilarang mengenakan burqa dan jilbab di kampus."(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs: Hijab