Inilah Pengertian dan Adab Takziah yang Dianjurkan Nabi Muhammad

Phooby Kamaratih - Jenazah Takziah 13/12/2021
Foto: Dok/Medcom.id
Foto: Dok/Medcom.id

Oase.id – Dalam kehidupan pasti manusia dihadapkan dengan segala bentuk musibah dan kematian. Hal inilah yang menjadi bukti kekuasaan Allah Swt. Nabi Muhammad ﷺ mengajarkan kepada umat-Nya untuk berkunjung dan mengucapkan belasungkawa kepada mereka yang mengalami musibah, biasa kita sebut dengan istilah kata takziah.

Lalu apa pengertian dari takziah dan adab apa saja yang harus diperhatikan saat bertakziah sesuai dengan anjuran Rasulullah ﷺ? Yuk simak!

Pengertian dan keutamaan takziah

Melansir dari berbagai sumber, Kata takziyah (التَّعْزِيَةُ) itu berasal dari kata Al-‘Azaa`( العَزَاءُ ) yang berarti bersabar/kesabaran atau bersabar atas segala yang hilang darinya. Sedangkan menurut Al-Imam An-Nawawy dalam Kitab Al-Adzkar, Takziah artinya menyabarkan dan menyebutkan hal-hal yang menghibur shahibul mayyit (pemilik/keluarga mayit), mengurangi kesedihannya dan meringankan musibahnya.

Bertakziah merupakan kegiatan yang disunahkan ketika ada saudara sesama Muslim yang tertimpah musibah. Bahkan, bertakziah juga akan memperoleh pahala yang berlimpah dari Allah Swt, sebagaimana hadis riwayat Al-Tirmidzi dan Al-Baihaqi dari Abdullah bin Mas’ud, dari Rasulullah ﷺ bersabda:

“Barangsiapa yang bertakziah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut.”

Selain itu dalam hadis riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidaklah ada seorang mukmin yang bertakziah kepada saudaranya tatkala tertimpa suatu musibah, melainkan Allah Swt akan memberinya pakaian dari pakaian kemuliaan pada hari kiamat.” ( HR.Ibnu Majah no.1601)

Adab-adab Bertakziah

Seorang Muslim yang bertakziah sebaiknya mengetahui adab yang dianjurkan. Berikut, 6 adab yang harus diperhatikan saat bertakziah:

  1. Ikhlas untuk mengharapkan ridho Allah Swt
  2. Berpakaian sopan dan menutup aurat
  3. Berperilaku sopan dan bertutur kata yang baik
  4. Memberikan bantuan kepada keluarga yang ditinggalkan
  5. Membantu mengurus jenazah, sebagaimana yang dianjurkan dalam Islam.
  6. Membaca doa

Doa saat bertakziah:

أَعْظَمَ اللَّهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ  وَغَفَرَ لِمَيِّتِكَ

“Semoga Allah menggandakan pahalamu, menjadikan musibahmu dan mengampuni jenazahmu”


(ACF)