Smoothies Hijau, Minuman yang Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Gambar oleh marijana1 dari Pixabay
Gambar oleh marijana1 dari Pixabay

Oase.id - Masa pagebluk Covid-19 ini mewajibkan masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan. Salah satunya dengan mengkonsumi makanan sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Smoothie misalnya.

Smoothie hijau adalah minuman yang terbuat dari sayuran hijau dicampur dengan buah-buahan. Sayuran hijau yang biasa dibuat oleh kebanyakan orang adalah bayam, selada, kangkung, sawi hijau, daun kelor dan sayuran hijau lainnya. Sementara, buah yang biasa menjadi campuran agar rasanya lebih segar adalah pisang, apel, pir, alpukat dan tomat.

Minuman ini cocok dikonsumsi masa pandemi. Mengapa demikian?

Berdasarkan komparasi hasil jurnal penelitian, kandungan klorofil smoothie hijau dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, membersihkan darah, meremajakan tubuh dan alternatif modifikasi diet tinggi serat.

Mengkonsumsi smoothie secara berkala juga berguna bagi sistem pencernaan tubuh karena terdiri dari serat larut air yang dapat menyerap cairan dan membentuk gel di dalam lambung, sehingga memperlambat gerak peristaltik usus serta memperlambat penyerapan glukosa oleh usus 8 halus.

Smoothie juga memiliki nilai indeks glikemik rendah, kaya akan vitamin serta mineral termasuk kalsium, kalium, magnesium, vitamin A, C, dan E dan antioksidan.

Cara membuat smoothie hijau

Alat dan Bahan:
-Blender
-Air
-Sayuran hijau (opsi bayam, selada, kangkung, sawi hijau, daun kelor dan sayuran hijau lainnya)
-Buah (opsi pisang, apel, pir, alpukat dan tomat)
-Pemanis (opsi gula, madu dan susu)

Langkah Pembuatan:

  1. Siapkan semua alat dan bahan
  2. Cuci bersih sayuran hijau dan buah yang diinginkan
  3. Masukkan semua bahan ke dalam blender
  4. Tambahkan air secukupnya dan pemanis seperti gula, madu atau susu
  5. Haluskan hingga benar-benar lembut dan homogen
  6. Smoothie hijau siap disajikan

Untuk tambahan serat, bisa menambahkan biji chia atau biji flax. Sementara, untuk tambahan protein bisa menggunakan spirulina, clorella, atau kacang-kacangan seperti almond dan kacang kenari. Serat dan protein bisa menjaga kenyang lebih lama.

Itulah beberapa manfaat dan tips mengonsumsi smoothies hijau. Semoga bermanfaat.


(ACF)