Berkendara dan Keluar saat New Normal? Jangan Lupa Baca Doa Ini

Fera Rahmatun Nazilah - Doa Sehari-hari 22/06/2020
Photo by Free-Photos from Pixabay
Photo by Free-Photos from Pixabay

Oase.id- Memasuki tahapan new normal, beberapa sektor ekonomi kembali dibuka. Aktivitas di luar rumah pun kembali berjalan, meski tentunya harus tetap mempertimbangkan protokol kesehatan demi menghindarkan diri dari ancaman penularan virus korona (Covid-19).

Ketika hendak keluar rumah untuk bekerja dan menyelesaikan suatu urusan, selalu jaga jarak fisik antarsesama. Jangan lupa kenakan masker, sediakan hand sanitizer dan tisu basah. Jangan lupa pula  membawa peralatan makan dan perlengkapan salat sendiri.

Selain itu, berikhtiarlah memohon kesehatan dan keselamatan kepada Allah Swt. Demikian pula saat berkendara, baik menaiki angkutan umum maupun kendaraan pribadi, ucapkanlah basmillah, kemudian berdoa; 

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

 

Subhaanalladzi sakhara lanaa haadza wa maa kunnaa lahu muqriniin, wa innaa ilaa rabbina lamunqalibuun

"Maha suci Dzat yang telah menundukkan (kendaraan) ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sesungguhnya kami akan kembali pada Tuhan kami."

Baca: Terpaksa Keluar Rumah di Tengah Ancaman Korona? Baca Doa Ini agar Diberi Keselamatan

 

Doa ini sebagaimana diucapkan Rasulullah Saw, berdasarkan firman Allah Swt:

لِتَسْتَوُوا عَلَى ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

“Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami” (QS. Az-Zukhruf: 13-14)

Selama perjalanan, sertai pula dengan  memperbanyak zikir kepada Allah Swt dengan mengucapkan Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar. Dengan upaya ini, semoga Allah Swt senantiasa menjauhkan kita dari segara marabahaya.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-Abraar atau Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.


(SBH)