Mencontoh Nabi Muhammad dengan Amalkan 5 Hal Ini di Bulan Ramadhan

Siti Mahmudah - Ramadhan 2021 05/04/2021
Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Oase.id - Tak sampai hitungan dua jari tangan, bulan Sya'ban akan meninggalkan kita dan berganti dengan Ramadhan. Umat muslim diharapkan tetap menyambut bulan penuh rahmat ini dengan suka cita dan semangat, meski masih harus waspada terhadap wabah Covid-19.

Bulan Ramadhan banyak sekali menyimpan keistimewaan dan berlipat ganda kebaikan. Nabi Muhammad menganjurkan kita untuk memperbanyak ibadah agar mendapatkan manfaat yang besar di akhirat nanti.

Berikut ini merupakan 5 amalan yang dicontohkan Nabi Muhammad ﷺ ketika bulan Ramadhan:

 

1. Berpuasa sebulan penuh

“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka diampunilah dosanya yang telah lalu.” (HR. Abu Hurairah)

 

2. Salat Tarawih

“Barangsiapa yang melakukan qiyam Ramadhan (salat tarawih) karena iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

 

3. Memperbanyak sedekah

“Barangsiapa memberi makan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa itu tanpa dikurangi sedikit pun.” (HR. Ahmad)

 

4. Memperbanyak Baca Al-Quran

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut; satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan. Misalnya, aku tidak menyatakan “Alif Lam Amin” itu satu huruf, akan tetapi dihitung Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Rasul bersabda:
“Surga itu rindu kepada empat orang: orang yang membaca Al-Qur'an, orang yang menjaga lidahnya, orang yang memberi makan kepada mereka yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan."

 

5. I'tikaf

"Nabi beri'tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beri'tikaf sepeninggal beliau.” (HR. Muslim)

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Durratun Nashihin karya Syekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir al-Khaubawiy


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus