Komuji Jakarta Gelar Picnikustik Bertema Islam Cinta

Fera Rahmatun Nazilah - Event Islami 27/02/2020
Photo by Misbahul Munir from Komuji Jakarta
Photo by Misbahul Munir from Komuji Jakarta

Oase.id- Komunitas Musisi Mengaji (Komuji) Jakarta kembali menggelar Picnikustik, pada Rabu, 26 Februari 2020. Acara kajian bergaya piknik ini diselenggarakan di Medco Ampera, Jakarta Selatan, pukul 19.00 WIB hingga 22.30 WIB. 

Picnikustik ke-12 ini mengangkat tema “Cinta Islam Cinta” dan menghadirkan dua narasumber, Haidar Bagir dan Husein Ja’far al-Hadar. Selain itu, ada pula beberapa musisi dan grup musik yang turut mengisi acara, yakni Fadly Padi/Musikmia, Kamila, dan Riuh Sunyi. 

Menurut Haidar Bagir, cinta dan welas asih sebenarnya merupakan budaya asli Indonesia dan semua agama yang pernah berkembang di Indonesia, baik agama lokal, agama primal, kapitayan, hingga sunda wiwitan, semua itu agama yang berlandaskan welas asih.

“Sebenarnya Islam yang masuk ke Indonesia adalah Islam cinta, Islam tasawuf yang dibawa oleh Wali Songo. Jadi sebenarnya saat kita membicarakan cinta Islam cinta, itu bukanlah sesuatu yang asing untuk negeri kita, melainkan akar budaya Indonesia sendiri,” ucap direktur utama penerbit Mizan ini.

 

Lebih lanjut, laki-laki yang aktif mengkaji tasawuf ini mengungkapkan, seorang muslim tidak akan bisa memahami Allah dengan rasionya, melainkan dengan cinta. Sebab akal manusia tidak akan sanggup mencapainya. 

Adapun Husein Ja’far al-Hadar membahas relasi cinta antar sesama manusia, bagaimana Islam memandang fenomena pacaran, dan bagaimana cara mengekspresikan rasa cinta yang benar dalam Islam. 

Menurut laki-laki yang akrab disapa Habib Husein ini, apabila cinta sesama manusia dijalani dengan tulus, maka cinta bisa menunjukkan jalannya sendiri dan mengarahkan kepada kebaikan.

 

 


(FER)
TAGs: Event Islami