5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Meredakan Radang Tenggorokan

Phooby Kamaratih - Kesehatan 19/02/2021
Gambar oleh Mohamed Hassan dari Pixabay
Gambar oleh Mohamed Hassan dari Pixabay

Oase.id – Sakit tenggorokan biasanya akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman saat menelan yang disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun reaksi alergi. Sakit tenggorokan karena radang memiliki gejala seperti; terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening, pembengkakan amandel, amandel yang merah, demam, hingga nyeri saat menelan.

Namun, jika sakit tenggorokan tidak cukup serius kamu bisa menggunakan bahan alami ini sebagai pengobatan di rumah untuk meredakan nyeri dan iritasi pada tenggorokan. Dilansir dari healthline.com berikut 5 bahan alami untuk meredakan radang tenggorokan :

1. Madu

Salah satu penelitian tahun 2007 tentang Effect of honey, dextromethorphan, and no treatment on nocturnal cough and sleep quality for coughing children and their parents menjelaskan bahwa madu efektif untuk meredakan batuk pada malam hari dibandingkan obat batuk biasa.

Selain itu, madu juga mampu menyembuhkan luka yang berarti madu mampu mempercepat penyembuhan pada sakit tenggorokan. Cara konsumsi madu bisa dengan mencampurkan madu dengan teh atau dikonsumsi langsung.

2. Teh Chamomile

Teh Chamomile berkhasiat untuk menenangkan sakit tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa penelitian yang ada menunjukkan bahwa menghirup uap dari teh chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek dan sakit tenggorokan.

3. Peppermint

Peppermint memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri dan antivirus untuk membantu mempercepat penyembuhan. peppermint yang mengandung mentol mampu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Cara penggunaan Peppermint ini bisa dengan menyemprotkan minyak peppermint pada mulut.

4. Bawang Putih

Sifat antibakteri pada bawang putih mampu untuk melawan infeksi pada tenggorokan. Menurut penelitian Preventing the common cold with a garlic supplement: a double-blind, placebo-controlled survey menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur mampu mencegah flu. Dengan menambahkan bawang putih pada olahan makanan juga berkhasiat sebagai antimikroba.

5. Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat akan membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Air garam juga dikenal dapat membunuh bakteri di tenggorokan. Dengan cara melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas penuh air hangat, lakukan setiap tiga jam sekali atau lebih.


(ACF)
TAGs: Kesehatan
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus