Jakarta-Bandung Tak Sampai 15 Ribu Rupiah? Ini Trik Wisata dengan Kereta Api Lokal

Phooby Kamaratih - Trik Perjalanan 16/12/2019
Ilustrasi: Calon penumpang melintas di depan jadwal keberangkatan KA lokal Walahar dan Jatiluhur/NTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi: Calon penumpang melintas di depan jadwal keberangkatan KA lokal Walahar dan Jatiluhur/NTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Oase.id- Libur akhir tahun segera tiba. Yang penting diingat, tidak setiap perjalanan wisata harus mengeluarkan ongkos yang mahal.

Bagi yang berdomisili di DKI Jakarta, berikut adalah rute perjalanan ke Bandung, Jawa Barat dengan menggunakan kereta api yang dijamin bisa murah meriah. Kisarannya, bahkan tidak sampai Rp15 ribu saja.

Transit di Purwakarta

Syaratnya, jangan keburu beli tiket tujuan langsung Jakarta-Bandung. Pilihlah kereta api lokal tujuan Purwakarta.

Berdasarkan situs resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), harga tiket dengan nama KA Walahar Express rute Jakarta (Tanjungpriuk) menuju Purwakarta dikenakan biaya Rp6.000. Tiket bisa dibeli langsung di loket satu jam sebelum keberangkatan.

embed 

Lanjut Purwakarta-Cibatu

Waktu tempuh Jakarta-Purwakarta diperkirakan 2,5 jam. Setelah sampai di Purwakarta, silakan melanjutkan tujuan ke Cibatu, Garut yang akan melewati Bandung dengan menggunakan KA Cibatuan. Persis Jakarta-Purwakarta, tiket kereta api ini juga diperkirakan dibanderol Rp6.000-8.000 saja.

embed

Yang perlu dicatat, KA Cibatuan hanya melakukan satu kali perjalanan menuju Bandung, yakni pada pukul 16.00-17.20  WIB. Sembari menunggu, Stasiun Purwakarta yang terletak di tengah kota dan dekat dengan alun-alun ini bisa dimanfaatkan untuk berjalan-jalan sebentar sampai waktu loket pembelian tiket dibuka.


(SBH)