5.000 Jamaah asal Filipina Diperkirakan Akan Terbang ke Makkah Untuk Haji

N Zaid - Haji 14/05/2024
Foto: NCMF
Foto: NCMF

Oase.id - Ribuan jemaah asal Filipina akan melakukan perjalanan ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji mendatang, kata Komisi Nasional Muslim Filipina pada hari Senin. Gelombang pertama akan berangkat ke Arab Saudi minggu depan.

Di Filipina yang mayoritas penduduknya beragama Katolik, umat Islam berjumlah sekitar 10 persen dari hampir 120 juta penduduk. Kebanyakan dari mereka tinggal di pulau Mindanao dan kepulauan Sulu di bagian selatan negara tersebut, serta di provinsi Palawan di bagian barat-tengah.

Komisi tersebut mengatakan bahwa hampir 5.000 umat Islam telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Kami telah memproses 96 persen jamaah,” kata Zainoden Usudan, kepala operasi haji di Biro Ziarah dan Wakaf NCMF.

“Mereka dapat mengharapkan perlakuan seperti VIP, memungkinkan mereka untuk berkonsentrasi penuh pada ibadah haji mereka.”

Pejabat komisi telah bekerja keras untuk memastikan bahwa kesulitan yang dihadapi jamaah tahun lalu tidak akan menjadi masalah kali ini.

“Kali ini kami memastikan makanan tidak menjadi masalah,” kata Usudan mengacu pada masalah keterlambatan pengiriman makanan pada tahun 2023.

Dia mengatakan komisi tersebut bekerja sama dengan penyedia layanan di Kerajaan yang memiliki rencana darurat untuk semua aspek perjalanan, termasuk transportasi.

Penerbangan haji pertama dari Filipina dijadwalkan lepas landas dari Bandara Internasional Manila pada 23 Mei.

Salah satu dari lima rukun Islam, haji tahun ini diperkirakan berlangsung pada 14-19 Juni. Banyak peziarah memperpanjang masa tinggal mereka untuk memanfaatkan kesempatan sekali seumur hidup ini untuk memenuhi kewajiban keagamaan mereka.(arabnews)


(ACF)
TAGs: Haji