Jaga Kualitas Sistem Pencernaan dengan 4 Rempah Ini

Phooby Kamaratih - Kesehatan 28/08/2020
Photo by NEOSiAM from Pexels
Photo by NEOSiAM from Pexels

Oase.id– Problem pencernaan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman berlebihan pada tubuh. Sekali terganggu, sistem pencernaan bisa mempengaruhi fungsi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Sistem penceraan akan berkesinambungan mulai dari proses pengolahan makanan, pembuangan, hingga penyerapan nutrisi.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan kesehatan dan fungsi pencernaan dalam tubuh kita?

Dilansir Doctor.ndtv.com, cara praktis untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah dengan memanfaatkan beberapa bumbu rempah yang biasa kita temukan di dapur. Di antaranya adalah;

 

Biji adas

Biji adas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk pencernaan yang lebih baik. 

Manfaat yang bisa didapatkan dari biji adas antara lain membantu mengatur tekanan darah, mengurangi retensi air, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan penglihatan mata.

Biji adas juga kaya akan serat yang berfungsi untuk meningkatkan pencernaan. Cara mengonsumsi biji ada dengan dikonsumsi setelah makan.

 

Baca: 3 Pemanis Alami yang Baik untuk Kesehatan

Jahe

Jahe biasa digunakan untuk menambahkan rasa pada teh atau untuk menghangatkan tubuh saat hujan turun. Tidak hanya sedap,  jahe juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas sistem pencernaan dan mencegah rasa mual.

Ambillah beberapa iris jahe segar dan rebus dalam satu cangkir air selama beberapa waktu, kemudian tambahkan madu sebelum meminum teh untuk meningkatkan rasa.


Yogurt

Yogurt mengandung bakteri sehat yang sangat baik untuk kesehatan usus dan dapat membantu melawan berbagai masalah pencernaan. 

Konsumsilah yogurt paling tidak satu cangkir setiap hari. Akan lebih baik lagi jika yogurt diminum secara alami tanpa tambahan gula.

Baca: Hindari Obat-obatan, Ini 7 Makanan Sehat yang Bisa Menambah Berat Badan dengan Cepat


Air lemon

Tidak cuma menyegarkan, segelas air lemon sarat dengan berbagai manfaat kesehatan. 

Dengan meminum segelas air lemon, hal itu dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan bisa mencegah tubuh dari dehidrasi saat musim kemarau.


(SBH)
TAGs: Kesehatan
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan