5 Makanan ini Mampu Memberikan Energi Lebih Selama Berpuasa

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 08/04/2021
Photo by RODNAE Productions from Pexels
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Oase.id – Selama berpuasa tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan atau minuman lebih dari 12 jam. Hal ini mungkin akan membuat tubuh menjadi mudah lelah, mengantuk hingga pusing di siang hari. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Agar hal tersebut tidak terjadi selama berpuasa, pastikan tubuh mendapatkan makanan yang baik saat sahur karena makanan memainkan peran penting dalam menentukan tingkat energi sepanjang hari.

Semua makanan yang dikonsumsi pasti menghasilkan energi, namun ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan menjaga kewaspadaan dan fokus sepanjang hari selama berpuasa:

Berikut makanan yang bisa memberikan energi tambahan selama puasa:

1. Pisang

Dilansir dari medicalnewstoday.com, buah pisang merupakan salah satu makanan terbaik untuk energi. Pisang menjadi sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B6 yang sangat baik, yang semuanya dapat membantu meningkatkan energi.

2. Nasi Merah

Nasi merah merupakan makanan yang sangat bergizi dibandingkan dengan nasi putih. Satu setengah cangkir (50 gram) beras merah mengandung 2 gram serat dan menyediakan sebagian besar asupan harian yang direkomendasikan (RDI) mangan, mineral yang membantu enzim memecah karbohidrat dan protein untuk menghasilkan energi.

3. Ubi Jalar

Selain enak, ubi jalar adalah sumber energi bergizi bagi mereka yang mencari dorongan ekstra. Satu porsi ubi jalar atau 1 cangkir (100 gram) dapat mengemas hingga 25 gram karbohidrat kompleks, 3,1 gram serat, 25% dari RDI untuk mangan, dan 564% dari RDI untuk vitamin A. Berkat serat ubi jalar dan kandungan karbohidrat kompleks, tubuh akan mencerna lebih lama dan tubuh akan memiliki pasokan energi yang stabil.

4. Telur

Kandungan protein dalam telur akan menjadi sumber energi yang stabil dan berkelanjutan dalam tubuh. selain itu, kandung leusin atau asam amino dalam telur membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, merangsang produksi energi dalam sel, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi.

5. Apel

Apel adalah salah satu buah paling populer di dunia, dan merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik. Apel berukuran sedang (100 gram) mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan hingga 2,1 gram serat. Karena kandungan ini, apel dapat memberikan pelepasan energi yang lambat agar tubuh tetap berenergi.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus