Jangan Anggap Remeh, Ini Tips Hidup Sehat di Musim Hujan

Phooby Kamaratih - Cuaca 18/01/2020
Photo by Kaique Rocha on Pexels
Photo by Kaique Rocha on Pexels

Oase.id– Peralihan musim sering kali menyebabkan perubahan suhu yang ekstrem. Keadaan ini membuat badan rentan sakit dan daya tahan tubuh melemah. Padahal, kita memiliki aktivitas dan pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan.
  
Supaya tubuh tetap bugar, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan di musim hujan ini;

 

Konsumsi vitamin dan buah-buahan

Mengkonsumsi vitamin dapat membantumu tetap fit dalam menjalani aktivitas, baik di kantor maupun rumah. Konsumsilah vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Selain vitamin, santaplah buah-buahan untuk membantu menambah cairan dalam tubuh.

 

Hindari konsumsi es berlebih

Minum es memang tidak mesti menyebabkan sakit. Namun mengonsumsi es saat daya tahan tubuh lemah tentu kurang baik bagi kesehatan. Misalnya, saat sedang flu atau radang, konsumsi es dapat memperparah penyakit ini.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengganti minum es dengan air hangat saat musim hujan. 

 

Memperhatikan asupan makanan

Saat musim hujan, kamu harus selalu memperhatikan pola makan dan asupan makanan. Selain bisa menjagamu agar tetap fokus, asupan makanan yang baik juga bisa menjaga kebugaran tubuh. 

Utamakan memakan panganan yang kaya serat dan memiliki kadar air tinggi. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air hangat sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.

 

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap insan. Sebab, sehat tak hanya didapatkan dari konsumsi makanan yang baik, melainkan juga dari faktor luar seperti kebersihan diri dan lingkungan. 

Lingkungan yang kotor membuat bakteri lebih mudah berkembang biak. Terlebih di musim hujan, genangan-genangan air bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. 
Jagalah kebersihan diri dan lingkungan. Mulai dari hal-hal kecil, seperti mencuci tangan, membersihkan tempat tidur, dan lainnya.


(SBH)
TAGs: Cuaca