5 Ibadah ini Setara Pahalanya dengan Haji dan Umroh

Phooby Kamaratih - Haji 2021 08/07/2021
 Photo by Andrea Koelink from Pexels
Photo by Andrea Koelink from Pexels

Oase.id – Bulan Dzulhijjah menjadi bulan penting untuk umat Islam melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu, pergi Haji. Namun, tak semua umat muslim memiliki kesempatan untuk berangkat ke tanah suci. Ditambah saat ini, keberangkatan tertunda karena adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Tak perlu khawatir, ternyata ada lho ibadah yang pahalanya setara dengan menjalankan ibadah Haji dan Umroh ke tanah suci. Oase.id merangkum dari beberapa sumber, berikut ibadah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala setara dengan Haji dan Umroh:

1. Salat fardhu berjamaah

Dari Abu Umamah R.A, Nabi ﷺ bersabda, “Siapa yang berjalan menuju salat wajib berjamaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju salat sunah maka ia seperti melakukan umroh yang Sunah,” (HR. Thabrani dalam Al-Mi’jam Al-Kabir).

2. Melaksanakan salat Dhuha

Melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid, berdzikir hingga matahari benar benar terbit dan melanjutkannya dengan salat dhuha, maka pahala berhaji baginya. Seperti yang dijelaskan Hadis Abu Umamah R.A, Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan salat subuh dengan berjamaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan salat sunah dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna,” (HR Thabrani).

3. Umroh di bulan Ramadhan

Dari Ibnu ‘Abbas R.A., ia berkata Rasulullah pernah bertanya pada seorang wanita, “Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?”. Wanita itu menjawab “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya yang ditunggangi suami dan anaknya. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut." Kemudian Rasulullah bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Namun, menurut Imam Nawawi menjelaskan bahwa Yang dimaksud adalah umroh Ramadhan mendapat pahala seperti pahala haji. Namun bukan berarti umrah Ramadhan sama dengan haji secara keseluruhan.

4. Berbakti kepada orang tua

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata;

إِنِّي أَشْتَهِي الْجِهَادَ وَلا أَقْدِرُ عَلَيْهِ، قَالَ: هَلْ بَقِيَ مِنْ وَالِدَيْكَ أَحَدٌ ؟ قَالَ : أُمِّي، قَالَ: فَأَبْلِ اللَّهَ فِي بِرِّهَا، فَإِذَا فَعَلْتَ ذَلِكَ فَأَنْتَ حَاجٌّ، وَمُعْتَمِرٌ، وَمُجَاهِدٌ، فَإِذَا رَضِيَتْ عَنْكَ أُمُّكَ فَاتَّقِ اللَّهَ وَبِرَّهَا

“Ada seseorang yang mendatangi Rasulullah ﷺ dan ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. Rasulullah ﷺ bertanya padanya apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup. Ia jawab, ibunya masih hidup. Rasul pun berkata padanya, 'Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumroh dan berjihad'.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Ausath 5/234/4463 dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman 6/179/7835).

5. Menuntut ilmu

Dengan menuntut ilmu atau menghadiri majelis ilmu, amalannya setara dengan ibadah Haji. Dan jika tujuannya agar ilmunya bermanfaat dan bekal ilmu di dunia dan akhirat. Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala Haji yang sempurna Hajinya." (HR. Ath-Thabrani)


(ACF)
TAGs: Haji 2021