Cara Menghindari Penipuan Game Gratis

Medcom.id - Teknologi dan Internet 03/09/2020
photo by Pixabay
photo by Pixabay

Oase.id - Siapa yang tidak mau mendapatkan game gratis apabila melihat game yang dibagikan tersebut merupakan jenis game populer atau kelas AAA. Hal ini jelas sangat diidamkan oleh para gamer karena mereka bisa menghemat uang hingga ratusan ribu Rupiah.
 
Contohnya Uplay dari Ubisoft yang membagikan game gratis Tom Clancy's The Division 1. Game ini bisa di download di Uplay hingga tanggal 7 September 2020 dan termausk dalam game kelas AAA dengan gameplay yang luas dan seru.
 
Meskipun begitu, ternyata iming-iming game gratis ini juga kerap dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber. Misalnya, melakukan penipuan dengan memberikan syarat palsu yang ternyata berusaha mencuri data penting Anda. Lebih buruknya lagi mereka menyusupkan malware ke menu download game gratis ini.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky juga ikut menyoroti fenomena ini. Mereka mengingat pengguna PC atau laptop yang terbiasa berburu game gratis format digital untuk berhati-hati. Berikut ini beberpa tips dan trik untuk tetap mendapatkan game gratis.

Download game hanya dari sumber terpercaya

Banyak publisher maupun platform distribusi game yang menjual game versi orisinal. Mereka juga rajin menggelar beberapa program bagi-bagi game gratis maupun promo diskon harga.

Misalnya platform Steam yang paling besar kemudian ada dari masing-maisng publisher seperti Uplay Ubisoft, Origin EA, Epic Games Store, GOG CD Projekt Red. Mereka beberapa kali menyediakan game gratis untuk disimpan permanen.
 
Di sini biasanya pelaku kejahatan siber melakukan penipuan dengan membuat tautan atau situs palsu yang dipoleh menjadi berita download game gratis yang sedang ramai dibicarakan. Gamer bisa berhati-hati dengan memastikan alamat situs yang dibuka benar-benar situs resmi dari publisher tadi.

Menggunakan aplikasi resmi unduhan dari publihser game

Pelaku kejahatan siber bisa membuat tautan palsu dari tombol download apabila Anda berhasil ditipu lewat tampilan situs palsu yang benar-benar dibuat meyakinkan.
 
Makanya gamer diimbau tidak langsung mengklik setiap tombol download yang disajikan. Ada baiknya gamer mengunduh atau memasang aplikasi client atau instaler resmi dari publisher game dibandingkan mencarinya dari browser secara acak.

Membaca ulasan dan cari publisher atau developer game terpercaya

Jangan malah membaca atau mencari informasi, cek siapa publisher atau developer dari game yang sedang terkenal terutama untuk game baru. Beberapa pelaku kejahatan siber akan menipu dengan mengaku sebagai pembuat game tersebut.

Membaca ulasan game juga bisa kegiatan yang melindungi Anda dari penipuan berkedok game gratis. Di tahun 2018 pada Steam ada developer game Abstractism yang ternyata melakukan penambangan cryptocurrency tanpa izin di perangkat gamer.

Jangan matikan proteksi atau perlindungan perangkat

Anda harus segera membatalkan keinginan untuk mengunduh game gratis apabila ada perintah untuk menonaktifkan perlindungan perangkat seperti antivirus yang sudah terpasang.
Antivirus atau perlindungan sistem bawaan perangkat yang dinonaktifkan akan membuat aplikasi berbahaya atau malware menyusup ke dalam file game yang diunduh.


(PBH)
Phooby Kamaratih
Posted by Phooby Kamaratih