10 Lagu Religi yang Layak Menemanimu dalam Perjalanan

Asda Mazhida - Lagu Religi 11/11/2019
ILUSTRASI: Fasilitas audio musik di kendaraan/Pixabay
ILUSTRASI: Fasilitas audio musik di kendaraan/Pixabay

Oase.id- Tembang religius tidak cuma layak didengar ketika bulan Ramadan. Kandungan pesan dalam liriknya yang universal membuat banyak lagu pantas didengar saat kapanpun. Terlebih, dalam sebabak perjalanan. 

Saat ini, lagu religius juga memiliki genre. Tentu, bisa dipilih seusai minat banyak orang. Pilihannya pun kian menarik ketika melihat kemasan lagu-lagu rohani tersebut dibawakan berbentuk solo, duet, hingga grup band.

Berikut daftar lagu religi yang dipercaya bisa mengusir bosan dan setia menemanimu saat bepergian:

1. Insan Utama - Hadad Alwi dan Duta So7

Lagu yang dirilis pada 2004 ini menceritakan tentang sifat dan teladan Nabi Muhammad Saw sang panutan seluruh alam. Dengan ketukan iramanya yang ringan namun tetap enak didengar bisa menjadikan perjalanan sedikit tidak membosankan. Apalagi, dalam bagian reff, dilibatkan banyak suara anak-anak yang menjadikan lagu ini terkesan mampu menghadirkan suasana lebih ceria.

2. Satu Rindu – Opick (feat. Amanda)

Tembang ini berkisah tentang seorang anak yang merindukan ibunya. Dalam menyanyikan lagu ini, Opick berduet dengan Amanda. Lagu yang dirilis pada 2006 ini masuk ke dalam album Semesta Bertasbih.

Meski terdengar syahdu, lagu ini dinilai mampu menghadirkan suasana seru dan tidak cepat bosan.

3. Alhamdulillah - Opick

Opick memang jagonya membuat lagu religi. "Alhamdulillah" juga merupakan single yang layak dimasukkan dalam playlist ketika hendak menempuh perjalanan.

Lagu ini memuat pesan pentingnya merawat rasa bersyukur, ikhlas, bersabar, dan mengingat Sang Pencipta. Lagu yang dirilis pada 2005 ini masuk ke dalam album Opick bertajuk "Istighfar".

4. Akhirnya – Gigi         

Band Gigi mengeluarkan album religi pada 2004 dengan judul "Raihlah Kemenangan". Salah satu yang menjadi andalannya adalah lagu yang berjudul "Akhirnya". Lagu ini mengisahkan tentang manusia yang tersadar sudah terlalu lama melupakan Allah Swt dan hendak memohon taubat atas segala dosa-dosa yang telah dilakukannya. 

Meski terdengar melow, lagu ini dinilai bisa menghadirkan ketenangan guna menemani diri dalam perjalanan. 

5. Sepanjang Hidup – Maher Zain

Maher Zain merupakan penyanyi religi asal Swedia. Awalnya, lagu-lagu yang ia bawakan berbahasa Inggris. Namun ketika memasuki pasar musik Indonesia, dia memulai menerjemahkan lagu-lagu andalannya ke dalam bahasa Indonesia. Salah satunya, lagu yang pernah hits pada 2009, yakni "Sepanjang Hidup".

6. Baraka Allahu Lakuma – Maher Zain

Masih dengan Maher Zain, "Baraka Allahu Lakuma" juga layak didengarkan di sepanjang perjalanan. Tembang yang dirilis pada 2009 ini memiliki ritme yang terdengar energik dan memberi semangat sehingga mampu mengusir kejenuhan karena rasa bosan.

"Baraka Allahu Lakuma" merupakan doa bagi sepasang pengantin agar selalu mendapatkan berkah dari Allah Swt dalam menjalani biduk rumah tangga. 

7. Demi Masa – Raihan

"Demi Masa" masuk ke dalam album dengan judul yang sama pada 2001. Group vokal Raihan menyanyikan lagu ini dengan gaya nasyid bergenre pop. Lagu yang menceritakan tentang pentingnya memanfaatkan kesempatan yang dianugerahkan Tuhan ini mampu menyuntikkan suasana semangat yang pantas menemani selama dalam perjalanan. 


Vokalis Sabyan Gambus Nissa menghibur ribuan santri saat Puncak perayaan Hari Santri Nasional 2018 di lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/10/2018)/ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

8. Ya Maulana – Sabyan

Dirilis pada 2018, grup gambus Sabyan menyanyikan "Ya Maulana" dengan suaranya yang amat merdu. Lagu yang berceritakan ihwal Tuhan yang Maha Mendengar doa setiap umatnya dan mengingatkan manusia agar tidak salah melangkah ini dinilai mampu membuat perjalanan menjadi semakin hangat. 

9. Bidadari Surga – Jefri Al Buchori

Lagu yang dinyanyikan mendiang Ustaz Jefri Al Buchori ini dirilis pada 2013. Lagu ini dicipatakan untuk istrinya dan pernah dijadikan original soundtrack (OST) La Tahzan.

Sesuai filmnya, yang seakan mengajak para penonton berkelana menikmati indahnya pemandangan kota-kota di Jepang, lagu ini juga layak dimasukkan dalam playlist lagu yang bisa dimainkan dalam sebuah perjalanan.

10. Andai Ku Tahu – Ungu

Menceritakan ketakutan manusia atas dosa yang diperbuatnya dan kekhawatiran atas ajal yang akan menjemputnya, grup band Ungu merilis lagu ini pada 2008. Tembang ini penting dimasukkan ke dalam daftar lagu untuk menemani perjalanan karena mengandung pesan agar senantiasa hidup berhati-hati. 


(SBH)
TAGs: Lagu Religi