3 Bahan Alami untuk Meningkatkan Kolagen pada Tubuh saat Musim Hujan

Phooby Kamaratih - Kesehatan 27/02/2021
Photo by cottonbro from Pexels
Photo by cottonbro from Pexels

Oase.id – Kolagen merupakan protein paling umum yang ditemukan dalam tubuh. Kolagen digunakan untuk memperkuat struktur tulang dan meningkatkan kesehatan tubuh. Jika kolagen dalam tubuh menjadi sehat maka sel-sel yang mengandung kolagen menjadi kuat dan tampak muda. Sel berkolagen dapat ditemukan pada arteri, paru-paru, kulit, tulang dan tempat lainnya.

Semakin tubuh memiliki cukup kolagen maka akan mampu memelihara tubuh terutama untuk kesehatan di musim hujan. Dilansir healthline.com, berikut 3 cara meningkatkan produksi kolagen pada tubuh;

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya telah digunakan sejak lama untuk menyembuhkan dan meredakan luka terutama pada luka bakar. Saat gel lidah buaya dioleskan pada luka, maka lidah buaya tersebut akan membantu meningkatkan kolagen pada kulit.

Biasanya lidah buaya bisa dioleskan langsung ke kulit dalam bentuk murni, atau menggunakan produk di pasaran yang mengandung lidah buaya.

2. Makanan kaya vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk sintesis asam hialuronat, zat ini disebut dapat mempercepat waktu pemulihan dan meredakan nyeri sendi. Kandungan vitamin c yang terkandung pada makanan akan membantu tubuh mendapatkan manfaat utuh dari makanan yang mengandung asam hialuronat.

Sebuah studi Ingested hyaluronan moisturizes dry skin menunjukan bahwa asam hailuronat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh manusia. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan asam amino dapat meningkatkan kadar asam hialuronat dan kolagen dalam tubuh karena keduanya penting untuk kulit. Makanan yang tinggi vitamin C adalah jeruk, paprika merah, kangkung, kubis Brussel, brokoli, dan stroberi.

3. Ginseng

Ginseng dipercaya untuk efek anti-penuaan yang baik dan akan terserap ke dalam kulit tanpa menyebabkan efek samping. Kemampuan ginseng untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar UV dari matahari dan meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Mengonsumsi sesekali teh yang mengandung ginseng dapat melindungi sel-sel sehat dan berkontribusi pada kulit yang bercahaya.


(ACF)
TAGs: Kesehatan
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus