Super Skin Care, Inilah Khasiat dari Spirulina untuk Kulit

Phooby Kamaratih - Kesehatan 20/03/2021
Photo by FOODISM360 on Unsplash
Photo by FOODISM360 on Unsplash

Oase.id - Spirulina adalah alga biru-hijau, atau cyanobacteria, yang dipuji karena banyak manfaatnya. Spirulina memuat protein lengkap, mengandung semua asam amino esensial dan asam lemak omega-3, dan kaya akan banyak nutrisi, seperti vitamin B dan zat besi. Karena hal ini spirulina dipercaya bagus untuk rutinitas perawatan kulit.

Spirulina mungkin memiliki efek positif pada kesehatan usus, yang dapat memperbaiki penampilan kulit. Pendiri 5th Avenue Aesthetics di New York, Dr. Marie Hayag, mengatakan Mikrobioma usus yang sehat dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kulit, termasuk regulasi peradangan kulit.

"Spirulina telah terbukti mempromosikan mikrobiota usus yang lebih sehat dan sebagai hasilnya, ini berarti kesehatan kulit yang lebih baik". Sebagian besar penelitian juga menunjukkan bahwa spirulina memberikan manfaat antioksidan, efek mencerahkan dan sifat melembabkan.

Spirulina untuk Anti-aging

Spirulina dapat memberikan efek anti-penuaan dan anti-inflamasi, berkat banyak antioksidan yang dikandungnya. “Spirulina melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan,” kata Amy Shapiro, MS, RD, CDN, ahli diet dan pendiri Real Nutrition.

Warna biru hijau pada spirulina berasal dari phycocyanin. “Phycocyanin membantu mengaktifkan aktivitas antioksidan, yang menghasilkan eliminasi radikal bebas,” jelas Hayag. Kandungan asam amino dalam spirulina juga mampu menjaga kekencangan kulit dan meningkatkan produksi kolagen tubuh.

Spirulina untuk jerawat

"Spirulina memang memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi, yang berpotensi membantu kondisi seperti jerawat dan eksim, tetapi hal ini perlu dipelajari lebih dalam," kata Hayag.

Sebuah studi Formulation of Creams Containing Spirulina Platensis Powder with Different Nonionic Surfactants for the Treatment of Acne Vulgaris 2020 menunjukkan bahwa mengoleskan krim yang mengandung spirulina ke kulit bisa menjadi pilihan alternatif untuk perawatan jerawat karena efek antioksidan dan antimikroba yang tinggi.

Cara Penggunaan Masker Spirulina

Bahan

1 sendok teh madu
1/2 sdt ekstrak spirulina atau 1 sdm. bubuk spirulina
1 sendok teh face oil

Cara Pengaplikasian Masker

Campurkan bahan-bahan ke dalam mangkuk dan aduk merata. Oleskan pada kulit yang bersih dan kering. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bersihkan dengan pembersih. Tepuk-tepuk hingga kering.


(ACF)
TAGs: Kesehatan
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus