Ini Peringatan Khalifah Umar saat Memergoki Penimbun Makanan

Sobih AW Adnan - Sahabat Nabi Muhammad 05/03/2020
Photo by Youleks from Pixabay
Photo by Youleks from Pixabay

Oase.id- Sekali waktu, Khalifah Umar bin Khattab bersama rombongan melakukan inspeksi mendadak di sekitar Tanah Haram. Ketika hendak memasuki Mekah, mereka dikejutkan oleh banyaknya tumpukan bahan makanan.

Melihat keganjilan itu, Umar bertanya, "Makanan apa ini?"

Orang-orang yang menungguinya pun menjawab, "Makanan ini dijual kepada kami."

"Allah Swt memberkati makanan ini dan orang yang menjualnya," sambut Umar.

Akan tetapi, ketika Umar hendak meneruskan perjalanan, mereka berterus terang. Jumlah bahan makanan itu cukup banyak lantaran merupakan hasil timbunan.

 

"Siapa yang menimbunnya?" tanya Khalifah Umar, geram.

Mereka menjawab, "Budakmu dan budak Utsman."

Baca: Nabi Tak Pernah Panik saat Menghadapi Kehebohan

 

Tak lama, Umar mengutus seseorang untuk mencari dua nama yang telah disebutkan itu. Ia menitipkan hadis Nabi Muhammad Saw tentang ancaman bagi para penimbun makanan.

Rasulullah bersabda, "Siapa saja yang menimbun makanan orang Islam, ia tidak akan meninggal dunia sebelum terkena penyakit kusta (infeksi kulit) atau bangkrut."

Mendengar pesan khalifah, budak Utsman merasa khawatir sehingga langsung menjual dan membagikan makanannya. Terkecuali budaknya sendiri, yang menurut riwayat, seseorang yang tidak patuh atas peringatan tersebut menderita penyakit kusta di kemudian hari.

 

Sumber: Disarikan dari kisah dalam Al-Mughni Syarh Mukhtasar Al-Khiraqi karya Syekh Muwaffaquddin Abu Muhammad Abdullah Bin Ahmad Bin Muhammad Ibnu Qudamah.
 


(SBH)