Cegah Jerawat, Perhatikan 5 Hal Ini

Phooby Kamaratih - Kesehatan Jerawat Tips Kesehatan 09/02/2021
Gambar oleh senjakelabu29 dari Pixabay
Gambar oleh senjakelabu29 dari Pixabay

Oase.id –  Mengonsumsi makanan sehat atau melakukan diet yang sehat akan memberikan manfaat pada tubuh. Mulai dari menjaga berat badan, mengurangi risiko penyakit kronis, membantu mengendalikan rambut rontok, hingga mengurangi masalah pada kulit.

Permasalahan kulit yang paling sering dialami adalah jerawat, tak perlu khawatir masalah jerawat dapat dikontrol dengan tindakan pencegahan yang tepat dan rutinitas perawatan kulit yang sehat.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, melakukan diet sehat dan rutinitas perawatan kulit yang benar. Berikut beberapa tips yang patut dicoba agar kulit lebih bercahaya;

1. Kurangi konsumsi gula dan garam
Dilansir Doctor.ndtv.com, terlalu banyak garam dan gula pada makanan atau minuman akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Gula berlebih dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko obesitas atau diabetes. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi garam akan berpengaruh buruk pada organ ginjal. Semua risiko ini dapat memengaruhi kesehatan kulit dan berkontribusi munculnya jerawat.

2. Kosumsi Vitamin C dan E
Vitamin C dan E sangat bermanfaat bagi kulit, dua vitamin ini memiliki kandungan berbeda yang bermanfaat untuk kulit. Vitamin E mengandung antioksidan sedangkan vitamin C mengandung sifat anti inflamasi. Untuk memperoleh kulit yang sehat secara maksimal, Anda dapat menambahkan makanan yang mengandung banyak vitamin C dan E dalam menu diet sehat.

Baca: 5 Makanan/Minuman Terbaik di Pagi Hari dan Manfaatnya

3. Tidak mengonsumsi gorengan
Makanan yang digoreng mengandung lemak tidak sehat dan tidak memuat nutrisi apapun yang hanya merusak kulit. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng dapat menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat.

4. Antioksidan
Fungsi antioksidan dalam tubuh adalah mengontrol dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas juga mengurangi stres oksidatif. Buah-buah dan sayuran dengan warna cerah mengandung banyak serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh dan kulit.

5. Kurangi makanan GI tinggi
Glikemik Indeks (GI) membantu untuk memahami efek makan yang dikonsumsi pada kadar gula darah. Dalam sebuah jurnal American Academy of Dermatology menjelaskan, dengan mengonsumsi makanan rendah glikemik dapat membantu mengendalikan jerawat dan bermanfaat bagi penderita diabetes.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus