Diburu Masyarakat, Inilah 5 Manfaat yang Terkandung pada Air Kelapa

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 13/07/2021
 Photo by Thunyarat Klaiklang from Pexels
Photo by Thunyarat Klaiklang from Pexels

Oase.id – Semenjak kasus Covid-19 kian meningkat, banyak masyarakat yang mulai berburu obat-obat alternatif yang diyakini bisa menyembuhkan Covid-19. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi air kelapa. Benarkah air kelapa bisa menyembuhkan Covid-19?

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa air kelapa mampu menyembuhkan covid-19. Tapi, air kepala memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan karena air kelapa mengandung mineral yang tinggi.

Dilansir dari healthline.com, berikut manfaat air kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh di tengah PPKM darurat:

1. Memiliki sifat antioksidan
Jika tubuh memproduksi secara berlebihan radikal bebas, maka tubuh akan memberikan respons seperti stress dan cedera. Dalam kasus lain, terlalu banyak radikal bebas akan membuat kerusakan pada sel-sel tubuh hingga meningkatkan risiko penyakit. Kandungan sifat antioksidan pada air kelapa akan melawan produksi radikal bebas dalam tubuh.

2. Mengurangi tekanan darah
Air kepala memiliki manfaat mampu mengontrol tekanan darah. Dalam satu buah air kelapa mengandung 600 mg potasium. Hal ini terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Pada penelitian The control of hypertension by use of coconut water and mauby: two tropical food drinks dengan responden orang dengan tekanan darah tinggi, menunjukkan air kelapa meningkatkan tekanan darah sistolik.

3. Mendukung kesehatan jantung
Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah studi menunjukkan setelah 45 hari, air kelapa mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang setara dengan efek obat penurun kadar kolesterol. Namun, konsumsi air kelapa harus sesuai dengan dosis yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Membantu mencegah batu ginjal
Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air biasa adalah pilihan yang bagus, satu penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bergabung dan membentuk Kristal dalam urin.

5. Sumber hidrasi
Air kelapa dengan rasa sedikit manis dengan kalori yang cukup rendah mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air kelapa ini juga dapat digunakan untuk campuran smoothies, puding, dan makanan ringan lainnya. Jika ingin membeli air kelapa dalam kemasan pastikan bahan yang digunakan 100% air kelapa tanpa mengandung tambahan gula atau zat penyedap.

Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa:

Air kelapa yang ditemukan dalam kelapa muda merupakan sumber serat, vitamin C, dan beberapa mineral penting yang baik. Dalam satu cangkir (240 ml) mengandung 46 kalori, serta :

  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin C: 10% dari RDI
  • Magnesium: 15% dari RDI
  • Mangan: 17% dari RDI
  • Kalium: 17% dari RDI
  • Natrium: 11% dari RDI
  • Kalsium: 6% dari RDI


(ACF)