Al-Insyirah Ayat 6 Jadi Motivasi Tiara Yosianti Lanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi

Medcom.id - Prestasi dan Beasiswa 17/08/2020
Photo by Dok.UGM
Photo by Dok.UGM

Oase.id- Al Insyirah Ayat 6: "Bersamaan dengan kesulitan ada kemudahan" menjadi kalimat sakti yang memotivasi Tiara Yosianti Solekhah untuk #BangkitDari keterbatasan menggapai mimpinya melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Terlahir dari keluarga dengan kondisi dengan ekonomi pas-pasan, membuat Tiara sadar harus lebih bekerja keras meraih mimpinya tersebut.

“Sesungguhnya di setiap kesulitan itu ada kemudahan, QS. Al Insyirah:6. Itu yang selalu Saya jadikan pegangan untuk selalu mengingat Allah dan tidak pernah putus asa,” ungkap Tiara, dikutip dari Medcom.id, Senin, 17 Agustus 2020.

Keyakinannya akan ayat tersebut membuat perempuan 17 tahun ini semakin bekerja keras dengan belajar. Ini juga untuk menjawab semua usaha ayahnya yang menjadi tulang punggung keluarga sebagai seorang buruh bangunan dengan penghasilan sekitar Rp550 ribu per bulan.

"Kerjanya tergantung proyek. Jadi, kalau ada proyek ya baru kerja,” ungkapnya.

Situasi yang dihadapi Tiara bukan hanya ekonomi, tetapi permasalahan keluarga, sang kakak mengidap gangguan jiwa sejak 10 tahun terakhir.

Meski hidup dalam situasi yang berat, keingannya sejak kecil bisa menjadi seorang sarjana tak pernah pernah padam. Karena baginya, menuntut ilmu hingga perguruan tinggi sangat penting sebagai bekal masa depan, memutus rantai kemiskinan, sehingga dapat memperbaiki kondisi keluarganya.

Hal itu yang membuat Tiara berjuang bahkan sejak Sekolah Dasar hingga SMA untuk terus berprestasi. Terbukti, dia selalu masuk peringkat tiga besar di kelasnya.


(FER)