5 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Phooby Kamaratih - Yoga Permana Dwi Putranto Tips Kesehatan 21/02/2021
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Oase.id – Agar selalu sehat dan berstamina kita dianjurkan untuk berolahraga. Banyak olahraga yang bisa kita lakukan, dan salah satunya adalah bersepeda.

Dengan aktivitas fisik, tentunya dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan. Dan bersepeda juga merupakan olahraga yang menyenangkan, murah, dan bagus untuk membantu mengurangi polusi.

Berikut 5 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh:

1. Mengontrol berat badan
Dilansir dari bikeradar.com, bersepeda menjadi cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan. Karena olahraga ini akan meningkatkan metabolisme, membangun massa otot dan membakar lemak tubuh.

Dalam sebuah penelitian di Inggris, menunjukan bahwa bersepeda akan membakar setidaknya 300 kalori per jam. Jika dibandingkan dengan olahraga lainnya yang hanya membakar sekitar 2.000 kalori dalam seminggu berolahraga.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular
Penyakit Kardiovaskuler meliputi penyakit stroke, tekanan darah tinggi dan jantung. Dengan bersepeda akan memperkuat otot jantung, mengurangi kadar lemak darah pada tubuh. Selain itu bersepeda juga akan meningkatkan fungsi paru-paru.

"Mereka yang berolahraga secara teratur memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, diabetes tipe 2, semua jenis kanker, tekanan darah tinggi, dan obesitas,” kata Pengajar di King’s College London, Dr Lynn Cherkas. 

3. Meningkatkan kekuatan otak 
Sebuah penelitian dari University of Illinois menemukan bahwa peningkatan 5 persen dalam cardio pernapasan dari bersepeda menyebabkan peningkatan hingga 15 persen dalam tes mental.

"Berolahraga sepeda akan meningkatkan aliran darah juga oksigen ke otak dan meregenerasi reseptor yang akan membantu mencegah penyakit Alzheimer,” kata peneliti dari University of Illinois, Profesor Arthur Kramer.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh 
Kepala ahli gizi di Rumah Sakit St George di London Dr Cath Collins menjelaskan bahwa olahraga ringan seperti bersepeda membantu sel-sel kekebalan tubuh lebih aktif sehingga mampu untuk melawan penyakit atau infeksi dalam tubuh. 

5. Melancarkan pencernaan 
Dokter spesialis gastroenterologi di Harley Street, Dr Ana Raimundo mengatakan aktivitas fisik akan membantu mempercepat waktu makanan bergerak di dalam usus agar lebih mudah dalam proses pembuangan.

"Mempercepat proses pembuangan akan membantu melindungi tubuh dari kanker usus,” kata Dr Ana Raimundo.


(ACF)