Cara Menyimpan Daging Kurban agar Bertahan Lebih Lama

Phooby Kamaratih - Iduladha 2020 29/07/2020
Photo by  Jingjing Song / EyeEm from Gettyimage
Photo by Jingjing Song / EyeEm from Gettyimage

Oase.id - Hari raya Iduladha identik dengan ibadah kurban. Di hari besar ini, umat Islam mengorbankan sebagian hartanya untuk dibelikan hewan kemudian disembelih dan dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Sayangnya, jika tidak dikelola dengan baik, daging kurban akan menumpuk di hari yang sama. Saking banyaknya, terkadang ada saja yang belum termanfaatkan tetapi keburu tidak layak makan dan harus terbuang percuma. 

Menyimpan daging dengan cara tertentu menjadi jalan keluarnya. Akan tetapi, Kesalahan penyimpanan daging atau bahan makanan apapun dapat memiliki konsekuensi besar. 

Bahaya buruk yang dapat disebabkan bahkan berupa infeksi bakteri atau keracunan makanan pada tubuh. 

Nah, demi menghindari masalah tersebut, coba ikuti tips menyimpan daging untuk tahan lebih lama berikut;

Menyimpan di kulkas

Menurut Pendiri Primal Supply Meats Heather Marold Thomason, untuk menyimpan daging agar tahan lama lebih ideal dimasukkan ke dalam lemari es dan dibungkus rapat untuk meminimalkan paparan udara.

“Jika ingin membekukannya, masukkan paket daging yang dibungkus rapat ke dalam kantung ziplock untuk meminimalkan paparan udara dan uap air,” kata Heather.

Akan tetapi, jika ingin menggunakan setengahnya saja dari daging tersebut, maka cara terbaik adalah membungkusnya dengan plastik untuk resealing daging agar tetap segar.

“Tapi disarankan untuk tidak membekukan daging,” Kata Heather. Karena hal ini, kata dia, berkaitan dengan kualitas daging, baik tekstur maupun rasa.

Waktu penyimpanan

“Saya selalu merekomendasikan untuk memasukkan daging ke dalam freezer saat masih segar agar dapat dikonsumsi untuk beberapa waktu kemudian,” Kata Heather. 

Jangan lupa untuk menggunakan label pembekuan agar mengingatkanmu untuk segera memasak daging yang dibekukan. Sebelum dimasak, pastikan juga kamu sudah mencairkan daging tersebut.

Pada dasarnya daging dapat disimpan dalam freezer hingga satu tahun, asalkan dalam keadaan tetap membeku.

Baca juga: Menyimpan Frozen Food Selama PSBB, Jangan Lupa Perhatikan Ini

 

Cara mencairkan daging

Cara melelehkan daging beku tanpa menurunkan kualitasnya adalah dengan memindahkan daging dari freezer ke kulkas satu hari sebelum dimasak. 

“Saya tidak akan merekomendasikan pencairan cepat lebih dari 3 hingga 4 jam,” kata Heather.

Tidak menggunakan microwave untuk mencairkan daging

“Saya sangat mencegah ini. Pencairan dalam suhu ruangan adalah satu-satunya cara untuk melindungi tekstur dan kualitas daging agar tidak diubah, ”kata dia.

Penggunaan alat bantu untuk mencairkan daging hanya dapat merusak tekstur daging dan membuat daging tidak matang merata.

Cara mengetahui daging masing aman dikonsumsi

Pertama dan terpenting, percayalah pada indra. Daging yang masih segar atau masih dapat dikonsumsi harus memiliki warna cerah, baik (bukan abu-abu), harus lembab dan segar saat disentuh (tidak lengket atau lengket), dan tidak memiliki bau busuk.

Kedua, tanggal pada kemasaan. Heather merekomendasikan menggunakan daging segar yang dibungkus kertas dalam waktu tiga hingga empat hari setelah pembelian. 


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan