Rekomendasi 5 Makanan Penambah Energi

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 24/02/2021
Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay
Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Oase.id – Kekurangan energi dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari dan akan membuat tubuh menjadi kurang produktif. Jenis dan jumlah makanan memiliki peran penting dalam menentukan jumlah energi sepanjang hari.

Makanan yang dikonsumsi memang dapat memberikan energi. Namun, ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi lebih yang dapat membantu meningkatkan, menjaga kewaspadaan dan fokus sepanjang hari.

1. Ubi jalar
Dilansir Healthline.com, 100 gram ubi jalar mengandung hingga 25 gram karbohidrat kompleks, 3,1 gram serat, 25% RDI. Hal ini yang membantu ubi jalar menjadi sumber energi bergizi baik untuk meningkatkan energi harian dan memberikan pasokan energi agar stabil.

2. Kopi
Kopi sudah menjadi minuman sehari-hari yang dikonsumsi saat tubuh membutuhkan tambahan energi. Kandungan kafein pada kopi yang memproduksi epinefrin hormon yang menstimulasi tubuh dan otak menjadi meningkat. Namun, Tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein, atau sekitar 4 cangkir kopi, per hari.

3. Telur
Telur dikemas dengan protein, yang dapat memberikan sumber energi yang stabil dan berkelanjutan. Leusin atau asam amino yang melimpah pada telur dapat merangsang produksi energi. Leusin dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, merangsang produksi energi dalam sel, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi.

4. Apel 
Apel dengan berat 100 gram mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula dan 2,1 gram serat. Selain itu, apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Sebuah penelitian Antioxidant potential and carbohydrate digestive enzyme inhibitory effects of five Inula species and their major compounds 2017, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada apel akan memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga dapat melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, apel juga memberikan manfaat dari serat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

5. Alpukat
Buah alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B, dan serat, sekitar 84% lemak sehat dalam alpukat berasal dari asam lemak tak jenuh. Lemak sehat yang terkandung dalam alpukat terbukti mampu meningkatkan kadar lemak darah secara optimal dan meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi sepanjang hari.
 


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus