Geliat Perkembangan Islam di Togo Sejak 1700

N Zaid - Generasi Islam 29/08/2023
Muslim Togo Saat Salat Ied. Foto: Ist/CPNN
Muslim Togo Saat Salat Ied. Foto: Ist/CPNN

Oase.id - Islam mencapai Togo pada waktu yang hampir sama dengan yang terjadi di sebagian besar Afrika Barat. Suku-suku dan komunitas lain di wilayah tersebut bersentuhan dengan Islam pada tahun 1700-an melalui jalur perdagangan garam dan emas. Para pedagang Berber dan Tuareg menempuh jalur perdagangan trans-Sahara.

Para cendekiawan Muslim, mengajarkan keyakinan mereka dan mendirikan masjid dan madrasah di sepanjang rute, menemani para pedagang dalam perjalanan mereka. Suku Hausa dan Fulani, kelompok yang secara tradisional nomaden, melakukan perjalanan ke seluruh Afrika Barat, membawa keyakinan Muslim mereka ke tempat-tempat seperti Guinea, Sierra Leone, dan Liberia saat ini.

Karena tidak adanya data yang dapat diandalkan, populasi Muslim di Republik Togo berkisar antara 12 dan 20 persen. Imam dan khatib Masjid Salam di Lome, Sheikh Haroun Al-Hassan menyebutkan angka tersebut sebanyak 50 persen dari total 5.000.000 penduduk Togo, dan hal ini tampaknya berlebihan.
Hampir setiap suku dan komunitas mempunyai penduduk beragama Islam.

Kotokoli misalnya adalah komunitas terbesar di Togo yang terkonsentrasi di pusat kota Togo di wilayah Sokode. Kotokoli dulunya menguasai jalur perdagangan utama dan mengembangkan reputasi dalam urusan perdagangan. Mereka masuk Islam pada tahun 1800-an. Saat ini, hampir seluruh Kotokoli dengan populasi lebih dari 200.000 jiwa adalah Muslim, yang dengan tulus mengamalkan agama Islam.

Pekerjaan Daawa sedang berjalan di republik ini dan sejumlah organisasi Islam telah bermunculan. Mereka bekerja untuk kesejahteraan umat Islam di negara tersebut. Banyak penduduk desa kini tertarik pada Islam dan memeluk agama tersebut dalam jumlah besar. Organisasi-organisasi Muslim bekerja untuk menyebarkan perdamaian, keadilan, cinta dan kebebasan, serta membantu umat Islam menjalani kehidupan yang layak dan juga hidup berdampingan dengan penganut agama lain.

Mereka bertujuan untuk menyebarkan pesan Islam dan budaya serta pendidikan Islam.

Federasi Muslim Togo adalah salah satu organisasi tersebut, dan merupakan yang terbesar. Pemerintahan ini memperhatikan kaum Muslim baru dan telah mencegah ekstremisme dan kekerasan. Banyak orang Togo, termasuk pendeta Kristen, menerima Islam.

Ahmadu Tito, Sekretaris Jenderal Federasi, mengatakan umat Islam telah menjalin hubungan baik dengan pemerintah Togo. Banyak umat Islam yang bertugas di pemerintahan sebagai pegawai negeri. Menteri pertahanan, menteri kehakiman, ketua parlemen, dan penasihat pribadi presiden, semuanya beragama Islam. Baru dua tahun yang lalu, menteri pemerintah daerah memeluk Islam.

Umat Islam di Togo memberikan prioritas utama pada pendidikan dan telah mendirikan beberapa sekolah. Ada beberapa sekolah yang mengajarkan Islam dan pendidikan modern.

Federasi menjalankan dua sekolah di Lome yang mengajarkan bahasa Prancis dan Arab. Mereka juga telah mendirikan Islamic Center di Logi, dan Akademi Muslim di Sonko.

Mereka telah menerima bantuan dari Bank Pembangunan Islam (IDB) untuk menjalankan Akademi Muslim, di mana 500 siswa mendapatkan pendidikan dari tingkat dasar hingga menengah. Federasi memiliki beberapa lembaga pendidikan kecil lainnya di berbagai wilayah di negara ini.

Untuk mengembangkan kurikulum pendidikan yang lebih baik, beberapa pendidik telah melakukan perjalanan ke berbagai negara di Afrika Utara, seperti Tunisia dan Maroko, untuk mempelajari kurikulum mereka, dan merekomendasikan penerapannya di sekolah-sekolah di Togo.

Negara Afrika Barat ini mempunyai banyak masjid, 40 di antaranya berada di Lome saja; dua di antaranya berukuran besar, dan dipenuhi jamaah, terutama pada hari Jumat, ketika jamaah meluap dan beberapa jamaah harus salat di trotoar.

Federasi terlibat dalam pekerjaan dakwah dan sering mengadakan seminar dan simposium untuk tujuan ini.

Umat Muslim di Togo mempunyai sarana yang efektif untuk menyebarkan pesan-pesan Islam, termasuk stasiun penyiaran Islam, yang menyiarkan program-programnya sepanjang waktu. Stasiun Penyiaran Islam Lembah Jabal Noor menggunakan gelombang FM. Ada pula stasiun televisi, sedangkan setiap hari Sabtu stasiun televisi pemerintah mengalokasikan waktu 30 menit untuk acara-acara Islami. Namun tidak ada surat kabar atau majalah Muslim di negara ini.

Togo, yang telah bergabung dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), adalah negara terkecil di Afrika Barat, dengan luas wilayah 65.600 km persegi dan jumlah penduduk lebih dari lima juta jiwa. Lome adalah ibu kota dan kota terbesar. Togoland Prancis menjadi Togo pada tahun 1960. Jenderal Gnassingbe Eyadema, yang dilantik sebagai penguasa militer pada tahun 1967, terus memerintah hingga abad ke-21 melalui partainya Reli Rakyat Togo (RPT). Setelah kematiannya pada tahun 2005, ia digantikan oleh putranya Faure Gnassingbe.

Nama Togo yang berarti “di tepi perairan” dalam bahasa Ewe (salah satu bahasa nasional Togo) mengacu pada wilayah pesisir Atlantik. Negara ini umumnya lebarnya kurang dari 100 km dan panjangnya sekitar 550 km. Togo adalah koloni Perancis hingga kemerdekaannya pada tahun 1960. 

Sejak tahun 1991, negara ini telah mengalami banyak kekacauan politik, yang berubah menjadi konflik bersenjata yang hebat, terutama di wilayah tengah dan selatan, meskipun terdapat stabilitas yang lebih baik dalam beberapa tahun terakhir. Perekonomian sangat bergantung pada pertanian komersial dan pertanian subsisten, yang menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 60 persen angkatan kerja. Kakao, kopi, dan kapas menghasilkan sekitar 30 persen pendapatan ekspor.(arabnews)
 


(ACF)