Amalan-amalan Ringan yang Dapat Menghapus Dosa

Octri Amelia Suryani - Dosa Amalan Amalan Penghapus Dosa 23/11/2021
Doa (Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)
Doa (Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)

Oase.id - Setiap orang tidak akan terbebas dari goresan-goresan kesalahan dan dosa. Entah disengaja atau tidak, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Baik kesalahan yang mengakibatkan dosa kecil maupun dosa besar.

Untuk menebus kesalahan dan dosa yang diperbuat, ada beberapa amalan yang diajarkan dalam Islam. Amalan-amalan ini dapat dikatakan mudah dilakukan.

Berikut oase.id merangkum sejumlah amalan ringan yang dapat menghapus dosa:

1. Berdzikir dan Membaca Istigfar

Rasulullah ﷺ pernah menyampaikan tentang seseorang yang selalu memohon ampunan setiap kali mengerjakan perbuatan dosa.

"Jika seorang hamba berbuat dosa, lalu ia berkata, 'Wahai Rabbku, ampunilah aku.' Rabbnya menjawab, 'Hamba-Ku telah mengetahui bahwa ia memiliki Rabb (Tuhan) Yang Maha Mengampuni dosa dan menghukumi setiap dosa. Aku telah mengampuni hamba-Ku."

“Setelah itu berbuat dosa lainnya. Ia pun mengatakan kepada Rabbnya, 'Wahai Rabbku, aku betul-betul telah berbuat dosa lainya, ampunilah aku.' Rabbnya menjawab, 'Hamba-Ku telah mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang Maha Mengampuni dosa dan menghukumi setiap dosa. Aku telah mengampuni hamba-Ku. Lakukanlah sesukamu (maksudnya selama engkau berbuat dosa lalu bertaubat, maka Allah akan mengampunimu).' Maka ia pun melakukan dosa lain yang ketiga atau keempat." (HR. Muslim)

Selain membaca istighfar, terdapat bacaan dzikir yang disebut dalam salah satu sabda Rasulullah ﷺ. Bacaan ini sebagai dzikir penghapus dosa sebanyak buih di lautan.

Bacaan dzikir dan haditsnya, "Barang siapa yang berkata subhanallah wa bihamdihi (Maha Suci Allah dan dengan segala pujian bagi-Nya), sebanyak 100 kali maka akan dihapus dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih lautan." (HR. Bukhari)

2. Berwudhu

Rasulullah ﷺ dalam sebuah hadis pernah berkata bahwa dosa seseorang akan ikut gugur bersama dengan air wudhu yang mengalir di tubuhnya.

من توضأ وأحسن الوضوء خرجت خطاياه من جسده حتي تخرج من تحت أظفاره

Artinya: "Barang siapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya, dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya (yang terkena air wudhu) sampai keluar dari ujung jemarinya." (HR. Muslim)

3. Salat Lima Waktu

Salat lima waktu adalah ibadah wajib yang dilakukan umat Islam. Selain sebagai kewajiban, salat lima waktu ternyata dapat menjadi amalan penghapus dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ:

الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ

Artinya: "Antara salat yang lima waktu, antara Jumat yang satu dan Jumat berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim)

4. Bersholawat atas Nabi

Amalan ringan penghapus dosa selanjutnya adalah membaca sholawat Nabi Muhammad ﷺ. Seperti yang tertuang dalam hadis riwayat an-Nasai dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Jami', nomor 6359:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: "Barang siapa yang bershalawat atasku satu shalawat maka niscaya Allah bershalawat atasnya sepuluh shalawat, dihapuskan darinya 10 dosa dan diangkatkan untuknya 10 tingkatan."

5. Mengucapkan 'Aamiin' Saat Salat

Amalan ringan lainnya adalah mengucapkan 'aamiin' saat salat seusai imam membaca surat Al-Fatihah. Mengenai hal ini, Nabi Muhammad ﷺ pernah bersabda:

إِذَا قَالَ الإِمَامُ: {غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ} [الفاتحة: 7] فَقُولُوا: آمِينَ، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ المَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Apabila imam mengucapkan, ‘Ghairil maghdhubi 'alaihim walaadhooliin’ ucapkanlah amin, karena barang siapa yang aminnya bertepatan dengan aminnya malaikat maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Muttafaq 'Alaihi)

6. Memperbanyak Sujud

Amalan ini dapat mengangkat derajat manusia sekaligus menghapuskan dosa. Untuk memperbanyak sujud, dapat dilakukan dengan memperbanyak ibadah salat itu sendiri, seperti mendirikan salat sunnah rawatib, dhuha, tahajjud, witir dan salat sunah lainnya.

Sebagimana sabda Rasulullah SAW kepada Tsauban RA:

عَلَيْكَ بِالسُّجُودِ فَإِنَّكَ لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلَّا رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ بِهَا عَنْكَ خَطِيئَةً

Artinya: "Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak salat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu." (HR. Muslim)

7. Salat Jumat

Banyak dalil yang menyebutkan bahwa salah satu keutamaan salat Jumat sebagai penggugur dosa. Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

"Barang siapa berwudhu dengan sempurna kemudian mendatangi masjid untuk salat Jumat, serta menyimak dan memperhatikan khutbah, niscaya diampuni baginya dosa-dosa yang ia lakukan di antara Jumat itu dan Jumat sebelumnya, berikut tiga hari lagi sebelumnya." (HR. Muslim)


(ACF)