Yuk Amalkan, Ini 6 Bacaan Dzikir Pendek yang Pahalanya Besar

Octri Amelia Suryani - Dzikir Al-Quran 11/09/2021
Gambar oleh 15329403 dari Pixabay
Gambar oleh 15329403 dari Pixabay

Oase.id - Dzikir merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan oleh umat muslim untuk mengucapkan puji-pujian kepada Allah. Dzikir, walau pendek bisa menjadi ladang pahala buat kita, lho. 

Anjuran dzikir ini tercantum dalam Al-Quran surat al-Ahzab ayat 41:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.”

Ayat tersebut memerintahkan umat muslim untuk memanjatkan pujian kepada Allah SWT, baik itu baca dengan kuat, pelan, atau pun hanya dalam hati saja.

Biasanya, dzikir yang sering digunakan tidak menyulitkan untuk membacanya, karena dzikir tersebut pendek dan mudah diingat. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang-orang yang mengabaikannya. Padahal setiap dzikir yang diucapkan memiliki banyak pahala yang tidak disangka oleh manusia.

Berikut, Oase.id merangkum 6 bacaan dzikir yang memiliki pahala besar jika kita mengamalkannya:

1. Laa Ilaha Illallah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim:

فَإِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ . يَبْتَغِى بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ

Artinya: “Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka, bagi siapa yang mengucapkan La Ilaha Illallah (Tiada sesembahan yang benar disembah selain Allah) yang dengannya mengharap wajah Allah.”

2. Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahi'adziim

Dari Abu Hurairah Rasulullah ﷺ bersabda dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim:

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Artinya: Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

3. Allahu akbar, subhanallah, walhamdulillah, wa laa hawla wa laa quwwata ila billah

رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
كَلِمَاتٌ مَنْ ذَكَرَهُنَّ مِائَةَ مَرَّةٍ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ اللَّهُ أَكْبَرُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ ثُمَّ لَوْ كَانَتْ خَطَايَاهُ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ لَمَحَتْهُنَّ

Artinya: Rasulullah Shallalahu 'Alaihi Wasallam berkata, "Ada beberapa kalimat yang barangsiapa mengucapkannya setelah selesai shalat; “Allahu akbar, subhanallah, walhamdulillah, wa laa hawla wa laa quwwata ila billah” (Allah Maha besar, Maha suci Allah, puji syukur kepada Allah, dan tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya dan tiada daya upaya kecuali karena Allah),' maka andai dosanya seperti buih di lautan niscaya ia akan menghapusnya.

4. Laa Ilaha Illa Anta, Subhanaka, inni Kuntu Minadzalimiin

Dzikir yang satu ini merupakan salah satu doa Nabi Yunus Ketika tertimpa kesulitan. Dzikir ini terdapat dalam QS. Al-Anbiya` ayat 87. Ayat ini sangat bagus dijadikan doa dan diamalkan sebagai dzikir harian.

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sungguh aku adalah termasuk orang-orang yang zhalim."

5. Rabbis Rahlii Shadri,Wa Yassirlii Amrii, Wahlul Ukdatammillisaani Yafqohu Qoulii

Selanjutnya QS. Thoha ayat 25-28 yang biasanya digunakan sebagai doa sebelum belajar. Karena ayat tersebut merupakan doa amalan Nabi Musa agar dimudahkan ucapan dan urusannya. Jadi ayat ini juga menjadi rekomendasi dzikir yang sangat bagus untuk diamalkan sehari-hari.

بِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya: “Ya rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

6. Membaca Al-Ikhlas 10 Kali

Terakhir dengan mengamalkan surah Al-Ikhlas 10 kali. Surah Al-Ikhlas merupakan salah satu surah yang sangat mudah untuk dihafalkan. Selain kemudahan yang dimiliki sebagai penunjang, surat ini juga telah masuk dalam janji Allah yang akan membangunkan istana di surga bagi yang mengamalkannya sebanyak 10 kali.


(ACF)