Ini Dzikir Sebelum Tidur: Penghapus Dosa Meski Banyaknya Seperti Buih di Lautan

N Zaid - Dzikir Tidur 01/08/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Tidur adalah waktu tubuh untuk beristirahat. Untuk memaksimalkan kualitasnya, sebagian orang menjalani ritual sebelum tidur, baik dari aspek fisik seperti membersihkan badan, atau memilih pakaian tidur yang nyaman, ada pula yang menonton televisi, melihat HP, atau membaca buku agar bisa tertidur, dll. Semuanya tergantung kebiasaan. 

Dalam Islam sendiri, rutinitas sebelum tidur yang dianjurkan adalah berdoa dan berdzikir. Sebab, di saat kita terlelap dan tidak sadar, kita tidak terlepas dari ancaman gangguan jin atau setan. Dengan berdoa kita memohon perlindungan dari Allah agar senantiasa dijauhkan dari gangguan setan, hingga pagi hari. Kita pun memohon keberkahan dalam tidur.

Ada pun dzikir sebelum tidur juga diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan fadilah bahwa dzikir itu akan membuat dosa-dosa kita diampuni, meski sebanyak buih di lautan. 

Salah satu keuntungan terbesar yang hakiki bagi seorang muslim di antaranya mendapat ampunan dosa dari Allah subhahahu wa ta'ala, karena sebagai manusia kita sering melakukan kesalahan baik sengaja maupun tidak di sengaja. 

Berikut salah satu dzikir yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ketika sebelum tidur agar dosa-dosa (kecil) kita diampuni Allah subhanahu wa ta'ala: 
   
Laa llaaha Illallah wahdahu Iaa syariika Iah Iahul mulku walahul hamdu wahuwa 'ala kulli syai-in qodiir. Laa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adzhiim. 

Subhaanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallaahu Allaahu akbar

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.

Maha Suci Allah, Segala Puji Bagi Allah, Tiada Tuhan Selain Allah, Allah Maha Besar

Hal itu seperti dalam hadits:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang mengucapkan ketika akan tidur yaitu Laa llaaha Illallah wahdahu Iaa syariika Iah Iahul mulku walahul hamdu wahuwa 'ala kulli syai-in qodiir. Laa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adzhiim. Subhaanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallaahu Allaahu akbar, maka akan diampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih di Iautan. (HR. lbnu Hibban dalam Shahihnya).

Momen ingin beranjak tidur tentunya sayang untuk dilewatkan sebagai waktu memohon ampunan, terlebih tuntunan (bacaan dzikir) itu datang langsung dari Baginda Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam, orang paling mulia dan paling tahu tentang perkara agama, karena Beliau shallallahu alaihi wasallam adalah utusan Allah, tak ada keraguan di dalamnya. 


(ACF)
TAGs: Dzikir Tidur