Investasi Meningkat Seiring Melonjaknya Permintaan Produk Halal

N Zaid - Produk Halal 16/05/2023
Ilustrasi. Foto Unsplash
Ilustrasi. Foto Unsplash

Oase.id - Permintaan yang meningkat untuk produk dan layanan halal akan menciptakan lebih banyak peluang untuk investasi di industri halal serta jalan untuk ekspor dan perdagangan produk halal di antara negara-negara anggota dan komunitas Muslim. Hal itu diungkapkan Amer Bukvic, penjabat kepala produk dan kemitraan dari Bank Pembangunan Islam (IsDB).

“Bernilai US$1,27 triliun pada tahun 2021 dan diproyeksikan mencapai US$1,67 triliun pada tahun 2025, sektor makanan merupakan komponen terbesar dari pengeluaran untuk makanan halal oleh umat Islam,” kata Bukvic di sela-sela pertemuan tahunan IsDB di Jeddah, seperti dikutip Arab News, Selasa (15/5).

“Pengembangan industri halal yang berkelanjutan di negara-negara anggota IsDB membutuhkan adopsi ekosistem yang memungkinkan di tingkat nasional, termasuk strategi jangka panjang yang mendukung kebijakan untuk sumber daya manusia yang berkualitas, kerangka kelembagaan untuk standardisasi, sertifikasi, akreditasi, dan awarness program untuk berbagai pemangku kepentingan dan konsumen, serta penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi dalam proses manufaktur dan distribusi halal dan (untuk) meningkatkan visibilitas, dan kepercayaan konsumen.”

Bukvic menambahkan: “Ada kebutuhan untuk mengatasi dua tantangan penting yang dihadapi ekonomi halal, yaitu pembiayaan industri halal dan manajemen rantai pasokan halal yang efektif.”

Banyak negara anggota IsDB melakukan upaya sadar untuk mengembangkan ekonomi halal mereka dan menangkap potensi pasar.

Malaysia, UEA, Arab Saudi, dan Turki adalah di antara negara-negara yang paling aktif dan memiliki visi yang jelas untuk menjadi pusat perdagangan halal global.

Bahkan negara-negara Muslim non-mayoritas seperti Thailand, Jepang, dan Korea Selatan bertujuan untuk memposisikan diri sebagai pemain kunci di pasar halal. Australia dan Brasil, sementara itu, adalah di antara pemasok daging dan unggas halal teratas ke negara-negara di Timur Tengah.

Arab Saudi pun tidak ketinggalan untuk menjadi pemain penting dalam industri halal dunia. Fahad Al-Nuhait, CEO Halal Products Development Co. yang didanai PIF, mengatakan bahwa di dalam negeri HPDC bertujuan untuk berinvestasi di semua tahap sektor perairan halal, memanfaatkan peluang untuk mencapai integrasi berkelanjutan di seluruh Arab Saudi dan rantai pasokan.

“Dari perspektif global, kami berupaya memposisikan Kerajaan sebagai pusat industri produk halal, yang berkontribusi pada pertumbuhan multilateral di pasar sasaran. Dengan partisipasi HPDC dalam forum sektor swasta, kami berupaya membangun kemitraan dengan pemangku kepentingan utama di sektor kesehatan di dalam dan di luar Arab Saudi,” ujarnya.

“Kemitraan ini tidak hanya menunjukkan inisiatif HPDC untuk memperkuat sektor halal, tetapi juga merupakan langkah yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan sektor unggas halal di Kerajaan.”

Hairol Ariffein Sahari, CEO Halal Development Corp. Malaysia mengatakan: “Ukuran pasar halal global diproyeksikan mencapai US$5 triliun pada tahun 2030. Bagaimanapun, ini adalah cerminan yang jelas dari kebutuhan untuk memanfaatkan upaya kolaboratif antara pemangku kepentingan halal dan Negara-negara anggota IsDB bekerja untuk tujuan bersama, yaitu berpartisipasi menuju pertumbuhan ekonomi halal global.”

HDC dan IsDB mengambil tugas untuk mengembangkan penilaian sepintas ekonomi terhadap ekosistem halal untuk mengidentifikasi kesiapan manufaktur dan produksi negara-negara IsDB agar menjadi mandiri, terutama dalam produksi industri mereka sendiri, termasuk namun tidak terbatas pada makanan, minuman, obat-obatan, dan perawatan pribadi.

Di sela-sela pertemuan tahunan IsDB, sebuah acara bertajuk "Membuka Potensi Negara Anggota IsDB untuk Memanfaatkan Industri Halal Global yang Luas dan Berkembang" diselenggarakan sebagai komponen forum sektor swasta untuk menyoroti pentingnya bisnis halal, dalam mendorong perkembangan sosial dan ekonomi negara-negara anggota IsDB dan komunitas Muslim di negara-negara non-anggota.

Dua diskusi panel bertajuk “Cara Mempromosikan Industri Halal Melalui Investasi” dan “Inovasi dalam Industri Halal” juga digelar.

Ahmed Osilan, anggota dewan eksekutif dan direktur pelaksana Tanmiah, mengatakan selama diskusi pertama bahwa Arab Saudi adalah jantung dunia Islam, dengan kemampuan investasi dan kedekatan geografis dengan lebih dari 500 juta konsumen di pasar tetangga.

“Delapan puluh persen produk pasar halal diproduksi di negara yang belum tentu halal, yang memberi kesempatan bagi kita untuk bekerja sama sebagai pemain pasar halal untuk menyediakan produk berkualitas ke blok Islam — dan bukan hanya blok Islam, karena produk halal juga baik untuk non-Muslim,” katanya.

Sebuah nota kesepahaman ditandatangani antara IsDB dan HPDC di akhir acara untuk memamerkan peluang dalam sektor halal Arab Saudi dan industri halal negara-negara anggota IsDB, dengan tiga tujuan utama yang diidentifikasi termasuk lokalisasi industri produk halal di Saudi. Arab, meningkatkan kemampuan sektor di tingkat regional, dan memberikan peluang ekspor produk halal dari Kerajaan ke dunia.(arabnews)


(ACF)
TAGs: Produk Halal