Apakah Teh Hijau Membantu Meringankan Jerawat, Berikut Manfaatnya?

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 05/03/2021
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Oase.id – Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minuman ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu menurunkan berat badan hingga mencegah berbagai penyakit kronis. Dilansir Stylecraze.com, salah satu penelitian menemukan bahwa kandungan polifenol pada teh hijau dapat membantu meringankan jerawat ringan hingga sedang. Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk membantu meredakan jerawat;

1. Mengurangi peradangan

Ahli Dermatologi Osmania Medical College Dr.K.Harish Kumar, mengatakan bahwa Kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) pada teh hijau dinyatakan bermanfaat dalam mengobati jerawat dan rosacea, kandung ini berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat.

EGCG juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru yang dibutuhkan tumor dan juga anti-inflamasi.

2. Mengurangi produksi sebum

Kelebihan sebum pada kulit wajah merupakan penyebab timbulnya jerawat. “Mengaplikasian teh hijau pada kulit wajah dapat mengurangi sekresi sebum dan mengobati jerawat,” kata Dr Harish.

Selain itu, Sebuah studi yang melibatkan 22 pria sehat yang tidak merokok, meneliti efek ekstrak teh hijau topikal 5% selama 60 hari. Hasilnya para peneliti menemukan adanya pengurangan yang signifikan dalam sekresi sebum.

3. Mengurangi bakteri penyebab jerawat

Selain mengurangi peradangan, kandungan EGCG juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri P. Acnes. “Jika memiliki jerawat ringan hingga sedang, Anda dapat menggunakan teh hijau di rumah untuk membantu mengurangi jerawat,” kata Dr Harish.

Namun, perlu diperhatikan kembali bahwa teh hijau atau obat lain mungkin tidak bekerja untuk jerawat kistik dan hormonal. Jerawat dengan kondisi ini perlu berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan yang tepat.

Cara mudah menggunakan teh hijau untuk jerawat di rumah yaitu dengan membuat face mist teh hijau untuk jerawat. Face mist ini akan membantu menenangkan kulit dan meminimalkan kemerahan sekaligus mengobati jerawat. Bahan yang diperlukan sebagai berikut :

1. Pembersih wajah
2. Teh hijau
3. Botol semprotan
4. Pelembab dengan kandungan non komedogenik
5. Handuk

Cara penggunaan

Seduh teh hijau dan biarkan hingga dingin sepenuhnya. Lalu sisihkan antara air dengan sisa teh hijau dan dimasukan kedalam botol semprot. Pastikan wajah bersih saat mengaplikasikan teh hijau ini. Semprotkan teh hijau di wajah dan biarkan mengering lalu bilas dengan air dingin. Selanjutnya keringkan dan oleskan pelembab.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus