Peringati Isra & Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Nurul Hidayah Gelar MABIT

Siti Mahmudah - Isra Miraj Komunitas Anak Muda 12/02/2024
Kegiatan MABIT di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Hidayah
Kegiatan MABIT di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Hidayah

Oase.id - Mabit secara bahasa berarti bermalam, istilah yang masyhur pada salah satu rangkaian ibadah haji. Kemudian dalam terminologi dakwah dan tarbiyah MABIT menjadi akronim dari Malam Bina Iman dan Taqwa, salah satu diantara sarana pendidikan Islam atau tarbiyah Islami dalam rangka membina jiwa seorang muslim agar menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual dan jasmani saja, tetapi memiliki kecerdasan spiritual yang kuat kepada Allah Swt.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Januari 2024 dengan tema “Bersama dalam Ketaatan” yang diikuti oleh seluruh santri kelas 3&4 Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Nurul Hidayah.

Kepala MDTA Nurul Hidayah Kyai Asep Saefudin Zuhri mengatakan, "Kegiatan MABIT seperti ini merupakan kegiatan perdana yang kami selenggarakan dalam rangka memperingati Isra & Miraj Nabi Muhammad ﷺ. Selain itu maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini ialah mengajak seluruh santri untuk senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt. Kami juga berharap InsyaAllah kegiatan MABIT ini akan menjadi program rutinan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Nurul Hidayah Desa Kertawinangun Kecamatan Cidahu."

Selanjutnya Kyai Asep juga menuturkan ungkapan syukurnya kepada Allah Swt atas terselenggaranya kegiatan MABIT di MDTA Nurul Hidayah yang alhamdulillah berjalan sukses dan khidmat, serta ungkapan terima kasih kepada orang tua/ wali santri yang telah mempercayai dan mendukung kegiatan ini. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini menjadi wadah tarbiyah yang baik dalam rangka ikhtiar membentuk generasi Qurani, generasi yang soleh/solehah, generasi yang memiliki kemampuan bagus pada IQ, EQ dan khususnya SQnya.

"Ya, kami juga merasa bersyukur dengan adanya acara ini. Karena sangat bagus untuk anak-anak di Desa Kertawinangun" Tukas seorang wali santri yang kami temui.

Adapun kegiatan pada acara MABIT kali ini, diantaranya:

1. Salat Fardhu berjamaah
2. Salah Sunnah
3. Tilawah Al-Quran
4. Dzikir Al Matsurat
5. Kreasi Seni Islami
6. Cooking ala Santri
7. Lomba
8. Senam Pagi


(ACF)