Keindahan Saat Rasulullah Mengenakan Pakaian Merah

N Zaid - Nabi Muhammad Saw 24/09/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah pribadi yang indah. Bukan hanya soal ketakwaan, adab dan akhlaknya yang tinggi, namun fisiknya pun membuat orang yang melihatnya merasakan kedamaian.  

Terdapat banyak hadits yang menggambarkan betapa Rasulullah shallallahu alaihi wa salam memiliki keindahan fisik. Mulai dari rambut, detil wajah, hingga tinggi badan. 

Dari sekian banyak hadits yang menceritakan sifat fisik Nabi Muhammad, digambarkan bahwa di antara penampilan Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang menyejukan mata, adalah saat mengenakan pakaian warna merah. Berikut tiga hadits tersebut dinukil dari buku Imam At-Tirmidzi Mengenal Pribadi Agung Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam:

1. Hannad bin As-Sarri bercerita kepada kami, Abtsasr bin Al-Qasim bercerita kepada kami, dari Asy'ats - yakni Ibnu Siwar, dari Abu Ishaq, dari Jabir bin Samurah, ia berkata, " Aku melihat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di bawah sinar rembulan ketika beliau mengenakan pakaian berwarna merah. Aku melihat Beliau dan melihat bulan tersebut, maka menurutku beliau lebih indah dari pada rembulan.(Al Hakim di dalam Al-Mustadrak (7383).

2. Mahmud bin Ghailan bercerita kepada kami, Waki' bercerita kepada kami, dari Abu Ishaq, dari Al-Bara' bin Azib ia berkata, "Aku belum pernah melihat orang yang berambut panjang tertata rapi dengan mengenakan pakaian merah yang lebih tampan dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Rambutnya mencapai kedua bahunya. Kedua bahunya bidang. Beliau bukan orang yang berperawakan pendek ataupun terlalu tinggi. (HR Muslim (92/2337))

3. Muhammad bin Basyar- yakni Al-Abdi-bercerita kepada kami, Muhammad bin Ja'far bercerita kepada kami, Syu'bah bercerita kepada kami, dari Abu Ishaq, ia berkata, aku mendengar Al-Bara' bin Azib berkata, "Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah lelaki yang berambut ikal, berpostur sedang, bahunya bidang, berambut lebat sampai cuping telinga dan beliau memakai kain merah. Aku belum pernah melihat orang yang lebih tampan dari beliau.(muttafaq a'laih HR Al-Bukhari (3551) dan Muslim (2337).


(ACF)