Alex Pereira, Petarung Kickboxing dari Brasil yang Memeluk Islam

N Zaid - Mualaf 24/07/2023
Alex Pereira menjadi mualaf pada 2015. Foto: Instagram Alex Pereira
Alex Pereira menjadi mualaf pada 2015. Foto: Instagram Alex Pereira

Oase.id - Atlet kickboxing yang beragama Islam, umumnya berasal dari Dagestan Rusia. Namun, salah satu atlet asal Brasil pun harus disebut jika mengulas 'mereka yang berlatar belakang Islam'. Dia adalah Alex Pereira. 

Alex Pereira, bintang kickboxing Brasil telah masuk Islam pada 2015. Kabar itu diumumkan oleh Sheikh Khalid Taqi Al-Din, ketua Dewan Tertinggi Imam dan Urusan Islam di Brasil.

“Dalam mencari kedamaian batin, kepuasan, dan karakter yang sempurna dan setelah membaca dengan seksama tentang Islam, Pereira, bintang kickboxing pertama di Amerika Latin dan Brasil dan yang keenam di dunia, telah menemukan tujuannya”, kata Sheikh Taqi Al-Din kepada International Islamic News Agency (IINA).

Saat akan bertanding di Piala Dunia Dubai 2015, Pereira  berbicara tentang kekuatan fisiknya. Ia mengatakan bahwa dia siap bertarung di pertandingan itu untuk memenangkan gelar. 

"Tetapi dia menyatakan bahwa ada kekuatan yang dia cari, yaitu kekuatan psikologis dan spiritual, untuk mengisi kekosongan batin yang dia rasakan,” kata Taqi Al-Din ketika itu.

Sebelum masuk Islam, Pereira kerap membaca buku tentang Islam yang diberikan teman bernama Hamzah. Ketertarikannya dengan Islam juga ia tunjukan dengan beberapa kali mengunjungi Federasi Asosiasi Muslim Brasil (FAMBRAS) untuk bertemu para ulama yang menjelaskan kepadanya prinsip-prinsip Islam. 

“Saat itulah dia memutuskan untuk mengunjungi (FAMBRAS) Federation of Muslim Associations di Brazil untuk belajar lebih banyak tentang pesan Islam yang sebenarnya, peradabannya dan panduannya untuk kemanusiaan”, katanya dalam pernyataannya kepada agensi tersebut.

"Akibatnya, dia memutuskan untuk masuk Islam, ”kata Taqi Al-Din.

Di FAMBRAS, Alex mengucapkan Syahadat (Kesaksian Iman):

Asyhadu ana la ilaha illa Allah wa ashahdu anna Muhammadun rasulu Allah (Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah; aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah).

Alexsandro Pereira, 27 tahun umumnya dikenal sebagai Alex Pereira atau terkadang Alex Sandro berkompetisi di divisi kelas menengah. Dia beralih ke kickboxing setelah melepaskan karir sebagai petinju.

Pereira menjadi terkenal ketika dia menjadi juara WAKO Pro Panamerican pada tahun 2013. Dia telah berkompetisi dalam promosi seperti SUPERKOMBAT Fighting Championship, It's Showtime, Jungle Fight dan WGP Kickboxing, dan menandatangani kontrak dengan Glory pada tahun 2014.

Pada 22 Juni 2014, Pereira menduduki peringkat kelas menengah #5 di dunia oleh GLORY, dan #6 oleh LiverKick.com.

Syiar Islam
Dalam upayanya untuk mengakrabkan dunia dengan elit olahraga, intelektual dan ilmiah yang memainkan peran penting dalam kehidupan sosial Brasil dan kampanye anti-Muslim yang diluncurkan oleh beberapa media, Federasi Asosiasi Muslim di Brasil telah mengadopsi sebuah proyek baru, yang dijuluki “Muslim untuk Perdamaian”, kata Sheikh Khalid.

“Kampanye ini tidak menjadi halangan untuk mengakrabkan masyarakat dengan Islam. Sebaliknya, mereka mendorong lebih banyak orang untuk belajar tentang Islam dan masuk Islam,” tambahnya.


(ACF)
TAGs: Mualaf