Taksi Udara Akan Dioperasikan Untuk Angkut Jamaah Antara Jeddah dan Masjid al-Haram

N Zaid - Umrah 13/01/2024
Gulf Insider
Gulf Insider

Oase.id - Saudi National Airlines siap menggunakan pesawat listrik sebagai media transportasi bagi jamaah untuk membantu mereka melakukan perjalanan antara Jeddah dan Masjidil Haram.

Saudia telah mengontrak pembelian 100 jet Lilium, pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik Jerman (eVTOL), untuk antar-jemput antara bandara King Abdulaziz di Jeddah dan landasan udara di hotel-hotel Mekah dekat Masjidil Haram dan tempat-tempat suci lainnya, kata direktur Saudia komunikasi korporat grup Abdullah Al Shahrani kepada Saudi Akhbar24.

Pesawat eVTOL dapat mengangkut hingga enam penumpang, tambah pejabat itu.

Jet-jet tersebut rencananya akan terbang antara bandara Jeddah dan jalur dekat hotel di Mekah tepatnya di mana Masjidil Haram berada.

Namun kepala komunikasi korporat di Arab Saudi, Abdullah Al Shahrani tidak mengungkapkan tanggal mulai layanan pesawat tersebut tetapi menyatakan bahwa maskapai tersebut bekerja sama dengan otoritas hukum untuk mendapatkan izin penggunaan kendaraan yang memang akan menghasilkan peningkatan kualitatif dalam transportasi untuk tujuan peziarah.

Dia lebih lanjut menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya usaha semacam itu diluncurkan di negara tersebut.

Arab Saudi terdiri dari Ka'bah Suci dan menampung jutaan peziarah di mana-mana untuk menunaikan haji & umrah. Tercatat hampir 2 juta jamaah menunaikan ibadah haji pada tahun 2023 pasca pandemi.

Apalagi, 13,5 juta jamaah menunaikan umrah pada tahun 2023 yang merupakan rekor tertinggi menurut Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Al Rabiah. Berbagai fasilitas juga telah diperkenalkan bagi umat Islam di Tanah Air.

Untuk memfasilitasi para peziarah, pemerintah telah mengizinkan masuknya individu melalui darat, udara, atau pelabuhan dengan visa.

Jamaah haji wanita tidak memerlukan wali laki-laki dan bahkan warga negara Saudi pun bisa mengundang temannya untuk menunaikan umrah. Negara-negara Teluk dapat mengajukan visa turis terlepas dari profesinya dan melakukan umrah.

Arab Saudi adalah rumah bagi situs suci Masjidil Haram yang terdiri dari Ka'bah Suci yang menghadap umat Islam ketika mereka berdoa. Masjid ini merupakan tempat beberapa ritual yang dilakukan jamaah selama umrah dan haji.(GulfInsider)


(ACF)
TAGs: Umrah