7 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

N Zaid - Wudu 08/02/2023
Ilustrasi. Foto Ibrahim Mücahit Yıldız / Pixabay
Ilustrasi. Foto Ibrahim Mücahit Yıldız / Pixabay

Oase.id - "Hai orang-orang yang beriman, ketika kamu bangun untuk [melakukan] shalat, basuhlah wajahmu dan lenganmu sampai ke siku dan bersihkan kepalamu dan basuhlah kakimu sampai mata kaki." - (Al-Ma'idah: 6)

Islam menekankan pentingnya menyucikan tubuh kita karena memperkuat jiwa kita, yang pada akhirnya membawa kita lebih dekat kepada Yang Maha Pencipta.

Semua Muslim melakukan wudhu (Wudhu) sebelum salat atau membaca Al-Qur'an. Ini adalah praktik sederhana namun wajib untuk membasuh bagian tubuh tertentu, termasuk tangan, kaki, lengan, mulut, lubang hidung, telinga, dan wajah.

Belum lagi, saat menyegarkan tubuh kita, wudhu juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa yang secara positif mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita.

Berikut adalah beberapa manfaat wudhu yang telah teruji dan terbukti yang membuktikan pentingnya wudhu bagi kita sebagai umat Islam:

1- Tindakan Wudhu Mengurangi Depresi

Agama Islam menyebut wudhu sebagai pengalaman terapeutik, terutama bagi mereka yang menderita depresi. Faktanya, beberapa ahli yoga saat ini menganjurkan untuk melakukan Wudhu sebelum tidur, dengan mengatakan bahwa hal itu membuat pikiran dan tubuh kita rileks, memastikan tidur malam yang nyenyak.

2- Menjaga Kulit Kita Terlihat Segar dan Muda

Wudhu menyegarkan kulit kita dengan membuka pori-pori kulit kita, menghilangkan kepenatan, dan membersihkan semua debu yang menumpuk sambil menyebarkan keringat dan lemak.

3- Memainkan Peran Penting Dalam Kebersihan Mulut Yang Baik

Wudhu mencakup pemurnian mulut sedemikian rupa sehingga menghilangkan sisa-sisa makanan dari gigi, lidah, dan gusi kita, mencegah masalah kesehatan mulut. Itu juga memperkuat otot-otot wajah kita dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

4- Mencegah Kuman Memasuki Tubuh Kita

Belum lagi, membilas lubang hidung saat berwudhu memastikan tidak ada kuman yang terperangkap di folikel hidung kita, yang secara efektif mencegah kuman masuk ke sistem kita.

5- Mencegah Penumpukan Lilin

Selanjutnya, membilas bagian dalam dan luar telinga kita selama wudhu menghilangkan lapisan lilin ekstra, mencegah timbulnya mastoiditis sambil menghentikan penumpukan lilin.

6- Menghilangkan Bakteri Tersembunyi di Kulit Kita

Mencuci sela-sela jari kaki dan jari kita menghilangkan kuman dan bakteri yang tetap tersembunyi dengan baik.

7- Meningkatkan Aliran Darah dan Kesehatan Mental

Terbukti bahwa memberi tekanan pada titik-titik tertentu di lengan kita meningkatkan aliran darah kita secara keseluruhan, dan melakukan wudhu mencentang semua kotak yang tepat dalam aspek ini. Ada tiga pembuluh darah utama di siku kita yang terhubung ke otak, jantung, dan hati kita, dan menekannya memberi kekuatan pada tubuh kita baik secara fisik maupun mental.

Akibatnya, kita dapat menemukan banyak Hadits dan ayat dalam Al-Qur'an yang menekankan pentingnya mensucikan tubuh kita. Itu adalah bagian dari iman kita kepada Allah (SWT) yang memberi kita manfaat kesehatan mental, spiritual, dan fisik, semuanya dalam ukuran yang sama.(islamicfinder)


(ACF)
TAGs: Wudu