Cara Tetap Aktif Secara Fisik Selama Isolasi Mandiri Covid-19, Yuk Coba!

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 17/07/2021
 Photo by cottonbro from Pexels
Photo by cottonbro from Pexels

Oase.id - Aktivitas fisik berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental saat di rumah selama pandemi Covid-19. Terutama bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani karantina mandiri atau isolasi mandiri. Aktivitas fisik akan membantu pemulihan lebih cepat dan tubuh menjadi lebih sehat.

Dilansir euro.who.int, perilaku menetap (duduk terus-menerus) dan tingkat aktivitas fisik yang rendah dapat memiliki efek negatif pada kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup individu. Selama isolasi mandiri mungkin dapat menyebabkan stres bertambah dan menurunkan kualitas kesehatan mental.

Pakar Nutrisi dan Aktivitas Fisik WHO, Lea Nash Castro, mengimbau agar kita tetap aktif dan melakukan relaksasi walaupun dalam ruangan. Hal ini dapat menjadi alat yang berharga untuk membantu tubuh tetap tenang dan terus melindungi kesehatan selama isolasi mandiri.

WHO merekomendasikan 150 menit menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas kuat per minggu untuk orang dewasa, atau kombinasi keduanya. Namun, aktivitas fisik ini hanya direkomendasikan untuk pasien tanpa gejala.

Berikut oase.id merangkum beberapa tips agar tetap aktif dan mengurangi perilaku sedentary (duduk terus-menerus) selama melaksanakan isolasi mandiri di rumah :

1. Mengikuti kelas latihan online

Saat isolasi mandiri, manfaatkan fasilitas kelas olahraga online. Banyak dari kelas olahraga gratis yang dapat ditemukan di YouTube. Pilihlah kelas yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman berolahraga, seperti melakukan latihan full body workout untuk pemula atau gerakan plank, squats, dan lain–lain.

2. Berjalan

Walaupun di ruang kecil, berjalan-jalan atau berjalan di tempat, dapat membantu kamu tetap aktif. Hal ini juga bisa dilakukan saat menerima telepon, bicaralah sambil berdiri atau berjalan keliling rumah untuk menghindari duduk terus menerus.

3. Berdiri

Kurangi waktu duduk dengan berdiri jika memungkinkan. Idealnya, usahakan untuk menyela waktu duduk dan berbaring setiap 30 menit. Siapkan meja tinggi atau rak untuk menyusun buku bacaan dan bacaan lain, agar tubuh terus melakukan aktivitasnya sambil berdiri.

4. Bersantai

Meditasi dan napas dalam-dalam dapat membantu tubuh tetap tenang. Sama dengan kelas online, carilah teknik meditasi yang mudah untuk pemula di Internet. Misalnya,yoga.

Agar kesehatan optimal, penting juga untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan tetap terhidrasi. Selalu mengonsumsi air putih dan mengurangi minuman manis. Pastikan banyak buah dan sayuran, dan batasi asupan garam, gula, dan lemak.


(ACF)