Lebih dari 1,300 Mendaftar di Kontes Membaca Quran Internasional Qatar

N Zaid - Alquran 05/01/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Lomba membaca Al-Quran yang diikuti seribu lebih peserta dari berbagai belahan dunia akan segera berlangsung di Qatar.  Menurut laporan media Iqna, lebih dari 1.300 qari telah mendaftar untuk Katara Quran Reitation Award edisi ke-7 itu.

Yayasan Desa Budaya, Katara sebagai penyelenggara, mengumumkan, jumlah peserta kompetisi pada sesi ketujuh yang digelar dengan slogan “Hiasi Al-Quran dengan Suaramu” ini telah mencapai 1.315 peserta yang mewakili 64 negara Arab dan luar negeri.

Jumlah total peserta Arab dalam penghargaan ini mencapai sekitar 685 peserta, mewakili 18 negara Arab, ditambah 630 peserta dari 46 negara non-Arab.

Negara-negara Maghreb menduduki puncak daftar entri dengan 307 entri, diikuti oleh negara-negara Mesir, Sudan dan Somalia dengan 233 entri, kemudian entri dari Levant dan Irak dengan 93 entri. Sedangkan jumlah peserta dari negara-negara Teluk Persia mencapai 52 orang.

Panitia penyaringan akan mengevaluasi seluruh entri dan memilih 100 peserta terbaik untuk lolos ke tahap kualifikasi, yang akan diadakan di Doha. 100 finalis akan mengikuti kualifikasi babak ketujuh melalui 20 episode televisi. 

Dalam setiap episodenya terdapat lima peserta yang bertanding, dan salah satunya dipilih untuk bertanding pada tahap kualifikasi semi final, dimana 20 kontestan bertanding, selain lima kontestan dari cadangan, melalui lima episode lainnya, yang didalamnya lima orang berkompetisi di setiap episode, dan satu peserta dari masing-masing episode akan menjadi pemenang.

Sebuah kompetisi berlangsung di tahap akhir, dan dari lima finalis, akan diumumkan tiga pemenang pertama Katara Quran Recitation Award.

Nominasi Katara Quran Recitation Award sesi ketujuh dibuka pada periode 1 Oktober hingga 15 Desember 2023.

Juri penghargaan ini terdiri dari enam anggota, tiga di antaranya bersertifikat dalam tilawah dan kaidah serta kaidah intonasi, dan tiga orang ahli dalam maqamat, keindahan dan manisnya suara.

Penghargaan Katara untuk Pengajian Al-Quran bertujuan untuk mendorong talenta-talenta terkemuka dalam membaca Al-Quran, menemukan orang-orang berbakat, mendukung mereka dan memperkenalkan mereka kepada dunia, menghormati para qari terkemuka dan kreatif, memotivasi generasi baru untuk menganut agama mereka, dan mewujudkan tugas mereka terhadap iman dan pesan Islam mereka, dan berupaya mendorong anak-anak Muslim untuk beralih ke Kitab Tuhan - Yang Maha Kuasa - dengan pemahaman, perbuatan, dan perenungan.

Nilai hadiah yang dialokasikan untuk penghargaan ini adalah QR900,000 (Rp3.8 miliar). Pemenang pertama akan menerima QR500,000(Rp4 miliar), pemenang kedua, QR300,000 (Rp1.2 miliar), dan pemenang ketiga, QR100,000 (Rp424 juta).(iqna)​


(ACF)
TAGs: Alquran