Doa Salat Dhuha, Begini Lafal Beserta Artinya

Octri Amelia Suryani - Yoga Permana Dwi Putranto Doa Sehari-hari Yoga Permana Dwi Putranto Salat 11/06/2021
Photo by Talha R from Pexels
Photo by Talha R from Pexels

Oase.id - Salat dhuha adalah salat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang waktu zuhur. Pukul 08.00 hingga pukul 11.00 merupakan waktu terbaik melakukannya.

Salat dhuha dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Salat yang disebut dapat melancarkan rezeki ini dilakukan secara tidak berjamaah.

Rasulullah ﷺ menganjurkan kepada umatnya untuk mengerjakan ibadah sunah ini. Sebab terdapat keutamaan dan manfaat yang begitu besar dari salat Dhuha.

"Kekasihku (Rasulullah ﷺ) mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. Yakni, puasa tiga hari dari setiap bulan, dua rakaat salat Dhuha, dan agar aku salat witir sebelum tidur," (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, ada beberapa keutamaan dan rahasia salat Dhuha bagi yang mengerjakan. Berikut, 9 keutamaannya.

1. Dibuatkan istana di surga
2. Diampuni dosanya
3. Mencegah penyakit
4. Dilancarkan rezekinya
5. Waktu terbaik untuk berdoa
6. Dapat pahala setara umrah
7. Sedekah untuk seluruh tubuh
8. Mendapat keuntungan yang besar
9. Salatnya orang yang kembali taat

Adapun setelah selesai mengerjakan salat dhuha, maka dianjurkan juga untuk membaca doa. Sehingga amalan ibadah tersebut semakin sempurna.

Di samping itu, terdapat keutamaan lain membaca doa setelah salat dhuha, dapat mendatangkan rahmat Allah agar senantiasa diberikan kelapangan dan kelancaran rezeki.

Mengutip tulisan Muhajir dan Abdul Ghani Asykur dalam buku Kumpulan Risalah Bimbingan Salat Lengkap, adapun bacaan doa salat dhuha dan artinya yang dapat diamalkan setiap hari untuk memohon kelancaran rezeki kepada Allah SWT ialah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Ya Allah), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang soleh.

Ketika diri terbiasa melaksanakan salat dhuha dan membaca doa salat dhuha setiap hari, maka harapannya semoga Allah SWT senantiasa memberikan banyak rahmat dan kelancaran rezeki bagi kita semua. Amin YRA..


(ACF)