Baca Doa Ini, Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Rezeki

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari Nabi Muhammad Saw 30/03/2021
Gambar oleh Konevi dari Pixabay
Gambar oleh Konevi dari Pixabay

Oase.id - Membaca doa di pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Yakni, doa kemudahan segala urusan dan rezeki. Harapannya agar diberi keberkahan dan dilimpahkan rezeki sepanjang hari.

Membaca doa di pagi dan sore hari juga sesuai dengan apa yang dilakukan Nabi besar Muhammad . Sebagaimana dalam Al-Adzkar Nawawi, Nabi Muhammad ﷺ selalu mendoakan umatnya setiap pagi dan sore, agar senantiasa diberi keberkahan.

Halnya, dalam Al Quran surah Thaha ayat 130, Allah SWT berfirman:

“Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya (matahati) dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.”

Doa pagi dan sore hari yang dibaca Rasul agar memudahkan segala urusan:

“Ya hayyu, ya qayyumu bi rahmatika astaghiitsu, wa ashlih lii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii tharfata ainin abadan.”

Artinya:

“Wahai Rabb dzat yang Maha Hidup, wahai Rabb dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata, tanpa pertolongan-Mu.”

Doa yang dibaca pagi dan sore hari agar diberi kemudahan rezeki: 

1. Membaca surah Muawwidzatain
Muawwidzatain adalah surah yang terdiri dari surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Surah ini memiliki kedudukan yang tinggi di antara surah-surah lainnya. Rasul memerintahkan agar dibaca saat pagi dan sore hari.

Suatu ketika, dikisahkan dari Abdullah Ibnu Khubaib dalam riwayat Imam Nawawi, Abu Dawud, Imam Tirmidzi dan Imam Nasa’i, bahwa di suatu malam yang gelap dan turun hujan lebat  mereka keluar untuk mencari Nabi Muhammad untuk mengimami salat.

Mereka menjumpai beliau dan beliau bersabda, “katakanlah! Aku tidak mengucapkan apapun.”

Lalu, beliau bersabda lagi, “katakanlah!” Aku tidak mengatakan sesuatu apapun.”

Kemudi Rasul bersabda kembali, “katakanlah!”

Maka ia bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah yang harus aku ucapkan?”

Rasul pun menjawab, “Bacalah surat Al-Ikhlas dan Muawwidzatain ketika sore hari dan pagi hari sebanyak tiga kali, hal itu akan mencukupimu dari segala sesuatu.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi, hadits shahih)

2. Membaca doa pagi hari agar memohon rezeki yang halal
Ummu Salamah dalam Al-Adzkar Nawawi mengatakan, Rasulullah apabila di pagi hari mengucapkan doa berikut ini:

“Allahumma innii as’aluka ilmannaafi’aa wa rizqan thoyyibaan wa amalan mutaqobbalan.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ilmu yang bermanfaat kepada-Mu, rezeki yang baik (halal), dan amal yang diterima (di sisi-Mu).”

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)