Glenn Fredly di Mata Keluarga Gus Dur

Sobih AW Adnan - Kerukunan dan Toleransi 09/04/2020
Photo by @alissa_wahid from Instagram
Photo by @alissa_wahid from Instagram

Oase.id- Bukan hanya musisi, Glenn Fredly juga karib dengan kalangan aktivis toleransi keberagamaan. Terlebih, di lingkungan keluarga Presiden keempat RI KH Abdurrahman 'Gus Dur' Wahid, Glenn tak sekalipun alpa dalam peringatan haul "Bapak Toleransi" yang dihelat sejak sepuluh tahun lalu itu.

"Glenn adalah gusdurian sejati. Ia tidak hanya mencintai Gus Dur, tapi benar-benar punya sikap yang selaras dengan 9 nilai utama yang mengilhami setiap pemikiran dan tindakan Gus Dur," kata putri pertama Gus Dur, Alissa Qotrunnada Wahid kepada Oase.id, Kamis, 9 April 2020.

Di komunitas Gusdurian, 9 nilai utama Gus Dur terdiri dari ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, keksatriaan, dan kearifan tradisi. Menurut Alissa, Glenn sudah berhasil menunjukkan semangat itu dalam laku kehidupannya.

"Glenn seorang spiritualis, ia sangat meyakini rahmat Tuhan. Dan dari keyakinan ini lahir kecintaan kepada manusia," kata Alissa.

 

Koordinator Jaringan Nasional Gusdurian itu juga menceritakan tentang perjuangan Glenn dalam menumbuhkan prinsip keadilan sosial. Glenn, di mata Alissa, adalah satu dari sedikit orang yang berpikir kritis bahwa pemerataan nasional masih sangat perlu diperjuangkan.

"Glenn masih melihat nasib saudara-saudara di timur Indonesia sampai saat ini belum mendapatkan kesetaraan. Itu makanya, dia pernah menggelar konser 'Suara dari Timur' untuk mengangkat isu tersebut. Ia juga terlibat dalam film 'Beta Maluku' bersama Angga Sasongko," terang Alissa.

Film berjudul lengkap Cahaya Dari Timur: Beta Maluku tersebut menceritakan tentang bagaimana sepakbola bisa turt andil dalam meredam konflik antaragama di Ambon. Pada drama yang dirilis 2014 itu, Glenn berposisi sebagai produser.

Sebelumnya, Alissa mengunggah foto keakraban Glenn dengan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. 

embed

Photo by @alissa_wahid from Instagram

 

"Kaka @glennfredly309, Selamat jalan... Terimakasih atas segala yang kaka telah berikan pada bangsa ini. Hati & cintamu bagi Indonesia, dan bagi setiap manusia yang ada di dalamnya, sungguh tulus murni.. Beristirahatlah dalam damai, kaka. Selamat bertemu #GusDur, yang sama-sama kita cintai..," tulis Alissa melalui akun Instagram @alissa_wahid

Ucapan duka cita juga diposting akun resmi Instagram Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan memuji suara Glenn yang pernah bersenandung selawat, meskipun ia merupakan seorang Kristen yang taat.

"Selamat Jalan Glenn.. @glennfredly309 Lantunan sholawatmu menjadi saksi.. ada kasih putih yang abadi..," tulis akun @nahdlatululama itu.

embed

Photo by @nahdlatululama from Instagram

 

Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020, pukul 18.47 dalam usia 44 tahun di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan akibat meningitis.


(SBH)